Uruguay Dukung Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Sonya Michaella    •    Selasa, 11 Oct 2016 14:41 WIB
indonesia-uruguay
Uruguay Dukung Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB
Menlu Retno Marsudi (kanan) dan Menlu Uruguay Rodolfo Nin Novoa menandatangani kerja sama bilateral di Kemenlu, Jakarta, 11 Oktober 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Uruguay mendukung Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020.

Hal ini diungkapkan langsung Menteri Luar Negeri Uruguay Rodolfo Nin Novoa saat menemui Menlu Retno Marsudi dalam kunjungan perdananya ke Indonesia. 

"Uruguay memberikan dukungannya kepada kita untuk jadi anggota tidak tetap DK PBB periode 2019 sampai 2020 mendatang," ungkap Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja menjadi anak buah kapal di kapal-kapal asing juga menjadi fokus pertemuan bilateral kedua menlu. "Kami sepakat untuk meningkatkan perlindungan kepada WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal asing di mana mereka berada di sekitar Uruguay," ujar Menlu Retno lagi.

Saat ini diketahui ada sekitar 430 ABK WNI yang bekerja di sekitar Uruguay. Sementara satu WNI diketahui tinggal di Uruguay.

"Sejauh ini, kerja sama kita berlangsung baik dalam hal perlindungan WNI. Kita sepakat memproses cepat penyelesaian mandatory consuler notification," lanjutnya lagi.

Selain kedua hal tersebut, dibahas pula kerja sama dalam konteks peacekeeping nation. Indonesia dan Uruguay termasuk dalam 20 negara penyumbang peacekeeping centers.

"Indonesia kan juga punya peacekeeping center terbesar di Asia. Dalam hal ini, kita lakukan kerja sama antara dua negara," tutur Menlu Retno.

Kedua negara juga mendorong peningkatan people to people contact dalam pemberian fasilitas bebas visa kunjungan bagi WNI ke Uruguay.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA