Myanmar Apresiasi Bantuan Kesehatan Indonesia di Rakhine

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 07 Dec 2017 21:01 WIB
indonesia-myanmar
Myanmar Apresiasi Bantuan Kesehatan Indonesia di Rakhine
Pertemuan antara Menlu RI Retno Marsudi dengan Penasihat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun (Foto: Marcheilla Ariesta).

Tangerang: Penasihat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun, mengatakan Indonesia memainkan peran sangat baik dalam membantu krisis kemanusiaan di negara bagian Rakhine. Dia mewakili pemerintahnya sangat mengapresiasi bantuan Indonesia, terutama dalam bidang kesehatan.
 
"Indonesia memerankan peran positif untuk membantu. Karenanya, Myanmar mengapreasiasi Indonesia karena telah membangun sejumlah bantuan medis di utara Rakhine," serunya, saat ditemui usai bilateral dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di sela Bali Democracy Forum X di Tangerang, Banten, Kamis, 7 November 2017.
 
Menurutnya, cara konstruktif ini dibutuhkan Pemerintah Myanmar. Karenanya dia berharap agar hubungan kedua negara terus terjalin sebagai negara tetangga dan sahabat.
 
Dia juga menuturkan bahwa negaranya saat ini telah memiliki kesepakatan dengan Bangladesh mengenai repatriasi pengungsi Rakhine. Dia mengatakan para pengungsi tersebut yang sebelumnya tinggal di Rakhine akan kembali ke wilayah itu.
 
"Kami bekerja sama dengan Bangladesh untuk mencapai kesepakatan ini," imbuhnya.
 
Krisis kemanusiaan terjadi di Myanmar, tepatnya di wilayah Rakhine. Akibat kekerasan tersebut, para warga Rakhine, mayoritas etnis Rohingya mengungsi ke tempat yang lebih aman di Bangladesh. Lebih dari 600 ribu warga memenuhi kemah pengungsian di Cox's Bazar.



(FJR)