Kabut Asap Lumpuhkan Aktivitas di India

Sonya Michaella    •    Rabu, 08 Nov 2017 11:23 WIB
india
Kabut Asap Lumpuhkan Aktivitas di India
Polusi udara lumpuhkan aktivitas di India. (Foto: Asian Correspondent)

Metrotvnews.com, New Delhi: Kabut asap tebal akibat polusi udara yang tinggi menyelimuti India. Keadaan ini menyebabkan aktivitas di pusat kota New Delhi lumpuh seketika.

Sebanyak 50 penerbangan di Bandara Internasional Indira Gandhi harus ditunda sejak kemarin pagi. Dua dari tiga landasan pacu bandara pun tidak dapat beroperasi.

Dikutip dari Asian Correspodent, Rabu 8 November 2017, jarak pandang di landas pacu pesawat hanya 200 meter pada pukul 07.00-08.00 pagi waktu setempat.

Jarak pandang sedikit membaik sekitar pukul 11.00. Sementara, beberapa maskapai penerbangan telah membatalkan penerbangan hingga 9 November besok.

Tak hanya itu, pemerintah pusat meminta sejumlah sekolah untuk libur sejak hari ini. "Kami masih berdiskusi apakah penutupan sekolah sementara perlu di perpanjang atau tidak," kata Wakil Menteri Utama India, Manish Sisodia.

Pemerintah juga melarang kegiatan di luar ruangan kepada 6.000 sekolah tingkat menengah dan atas di ibu kota.

Emisi kendaraan dan debu dari lokasi kontruksi menjadi penyebab utama yang disebutkan pemerintah, di samping adanya asap dari petasan dan pembakaran lahan pertanian.

Kualitas udara diperkirakan akan memburuk dalam beberapa hari mendatang karena angin akan bertiup cukup kencang membawa asap dari pembakaran gandum di Punjab dan Haryana.





(FJR)