Keuskupan Benarkan Pengunduran Diri Uskup Agung Flores

Sonya Michaella    •    Kamis, 12 Oct 2017 15:17 WIB
vatikan
Keuskupan Benarkan Pengunduran Diri Uskup Agung Flores
Hubertus Leteng. (PHOTO: KAWALI.ORG)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keuskupan Agung Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur mengeluarkan surat pernyataan yang membenarkan bahwa Uskup Agung Ruteng, Hubertus Leteng telah mengundurkan diri.

Surat pengunduran dirinya ini juga sudah diterima langsung oleh Paus Fransiskus.

"Bapa Suci telah mengangkat Administrator Apostolik sede vacante et ad nutum Sanctae Sedis, Monsignor Silvester San, Uskup Denpasar, dan melimpahkan kepadanya semua kewenangan dan tugas dari seorang uskup pada subjek wilayah yang berada di bawah Kongregasi Propaganda Fide," bunyi pernyataan dari Keuskupan Ruteng yang terpampang di Departemen Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia, Kamis 12 Oktober 2017.

Pengumuman ini disampaikan pada pukul 18.00 di Istana Keuskupan Ruteng, kemarin, yang bersamaan dengan keluarnya keputusan dari Vatikan.

Sesudah membaca dekrit pengangkatan Monsignor Silvester San, Romo Fabio Salerno, selaku wakil Takhta Suci di Indonesia, mengingatkan bahwa tugas dari Administrator Apostolik akan berakhir ketika Vatikan telah mengangkat uskup baru untuk Keuskupan Ruteng.

Romo Fabio pun mengucapkan terima kasih atas kerja dan pengabdian Hubertus Luteng selama tujuh tahun sebagai pelayan pastoral di Keuskupan Ruteng.

Dikabarkan bahwa Hubertus mengundurkan diri karena diminta langsung oleh Vatikan terkait dengan skandal dirinya yang memiliki hubungan dengan wanita dan juga memakai dana gereja.

Vatikan pun telah mengirim seorang penyidik untuk menyelidiki dugaan bahwa Hubertus memiliki hubungan dengan wanita. 

dikabarkan Hubertus pernah meminjam USD94 ribu dari wali gereja Indonesia dan USD30 ribu tanpa mengembalikannya hingga saat ini.

Hubertus mengatakan, ia meminjam uang tersebut untuk membiayai pendidikan pemuda miskin, meski ia enggan menjabarkannya lebih lanjut. Ia menyangkal pula bahwa ia memiliki seorang kekasih.





(FJR)