TV Asahi: 200 Orang Tewas dalam Insiden di Situs Nuklir Korut

Willy Haryono    •    Selasa, 31 Oct 2017 18:39 WIB
rudal korut
TV Asahi: 200 Orang Tewas dalam Insiden di Situs Nuklir Korut
Foto perbandingan dari PLANET memperlihatkan situs uji coba nuklir Punggye-ri milik Korut. (Foto: AFP/PLANET)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Lebih dari 200 orang dikhawatirkan tewas saat sebuah terowongan di tempat uji coba nuklir Korea Utara runtuh akibat ledakan. Kabar disampaikan kantor berita Jepang, Selasa 31 Oktober 2017. 

Saluran televisi TV Asahi melaporkan bahwa sebuah terowongan di situs Punggye-ri runtuh pada awal September, beberapa hari setelah Korut melakukan uji coba nuklir keenam. TV Asahi mengabarkan berita ini dengan mengikuti beberapa sumber anonim asal Korut.

Sekitar 100 pekerja terlibat dalam insiden runtuh di Punggye-ri. Insiden runtuh lanjutan terjadi saat operasi penyelamatan, yang membuat total korban diduga tewas mencapai sedikitnya 200. 

Menurut laporan TV Asahi, terowongan itu runtuh akibat imbas ledakan uji coba nuklir. 

Berdasarkan serangkaian foto satelit, uji coba nuklir keenam Korut juga memicu tanah longsor dan kebocoran radiasi di sekitar Punggye-ri. 

Uji coba Korut pada 3 September memicu gempa 6,3 SR yang dirasakan di sepanjang perbatasan Tiongkok dan langsung memicu kecaman komunitas global. DK PBB secara bulat menjatuhkan serangkaian sanksi baru kepada Korut.

Laporan dari TV Asahi muncul menjelang kedatangan perdana Presiden AS Donald Trump ke Korea Selatan pekan mendatang. Kunjungan dilakukan di tengah perang kata-kata antara dirinya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Di bawah kepemimpinan Kim Jong-un, Korut membuat kemajuan pesat dalam hal teknologi nuklir dan misil. Kim menyebut senjata nuklirnya sebagai "pedang berharga" untuk melindungi negara dari invasi AS.

 


(WIL)