Erdogan Sebut Israel Gunakan Teror untuk Tekan Palestina

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 10 Dec 2017 05:45 WIB
turkidonald trump
Erdogan Sebut Israel Gunakan Teror untuk Tekan Palestina
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. AP/Yasin Bulbul.

Istanbul: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggambarkan Israel sebagai negara yang menggunakan teror terhadap warga Palestina. Erdogan mengkritik Amerika Serikat (AS) yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Erdogan menentang kebijakan Presiden Amerikat Serikat Donald Trump itu. Erdogan berjanji akan membahas masalah ini bersama negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki, pada 13 Desember 2017.

"Israel adalah negara pendudukan. Dan sekarang mereka memanfaatkan teror dan pemboman yang melukai orang muda dan anak-anak," kata Erdogan dalam pidatonya di Istanbul, seperti dilansir dari laman AFP, Sabtu, 9 Desember 2017.

Belasan serangan udara Israel di Jalur Gaza menewaskan dua militan dari kelompok Hamas Palestina. Diketahui, sebanyak empat orang tewas sejak Trump mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Erdogan menganggap dirinya sebagai pahlawan Palestina dan lawan dari setiap ketidakadilan yang dirasakan umat muslim dunia. Dia menyebutkan Yerusalem sebagai perhatian besar dan garis merah bagi umat Islam.

Presiden Donald Trump mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel beberapa waktu lalu. Keputusan Trump ditentang berbagai negara karena tidak sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menentang keputusan AS tersebut. Presiden Joko Widodo mengutuk keras keputusan Trump dan meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memanggil Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph Donovan.

Dalam pembukaan acara Bali Democracy Forum X di Banten kemarin, Menlu Retno mengenakan syal yang dibuat para janda asal Palestina di Jalur Gaza. Menlu Retno menyebutkan, Indonesia berdiri bersama Palestina untuk mendapatkan hak-hak mereka.



(DRI)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

8 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA