Presiden Jokowi Diundang Berkunjung ke Italia

Sonya Michaella    •    Sabtu, 15 Oct 2016 10:22 WIB
indonesia-italia
Presiden Jokowi Diundang Berkunjung ke Italia
Menteri Luar Negeri Italia, Della Vedova dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Bangkok (Foto: dok. Kemlu RI)

Metrotvnews.com, Bangkok: Presiden Italia, Sergio Mattarella mengundang Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Italia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Italia, Della Vedova kepada Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi pada pertemuan bilateral di sela-sela ASEAN-EU Ministerial Meeting di Bangkok, Thailand.

Selain itu, Indonesia dan Italia juga membahas kerja sama ekonomi bilateral baik dalam perdagangan maupun investasi.

Seperti keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (15/10/2016), Italia mengundang Indonesia untuk menjajaki lebih lanjut di bidang perabotan dan kerajinan dari kulit dari Italia.

Indonesia juga menyampaikan apresiasi terhadap Italia yang telah mendukung produk CPO (minyak kelapa sawit) Indonesia, dengan nilai perdagangan USD1,03 miliar atau sekitar 36 persen dari ekspor CPO Indonesia ke Eropa.

"Mengingat besarnya ekspor CPO Indonesia ke Italia tidak saja menjadikan pasar Italia penting bagi pengembangan perdagangan produk CPO tetapi juga diharapkan dapat menjadi jembatan akses pasar ke negara-negara anggota Uni Eropa lainnya," kata Menlu Retno.

Dalam upaya mempromosikan toleransi beragama dan penanggulangan terorisme, Indonesia dan Italia memiliki kerja sama dalam bentuk Konferensi Dialog Lintas Agama.

Indonesia memegang peran penting dalam mendukung toleransi antara umat beragama, mengingat Italia yang saat ini memiliki komunitas Islam yang terus berkembang.

Di sisi lain, kedua pihak juga setuju pentingnya peran perempuan dalam menyebarkan nilai-nilai toleransi, sehingga pendidikan bagi perempuan adalah krusial.

Italia masih merupakan salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Euro Zone dan terkenal dengan produk 3F’s (food, fashion, furniture).

Italia merupakan mitra dagang terbesar ke-19 bagi Indonesia, dengan total perdagangan bilateral mencapai USD1,7 miliar hingga Juni 2016 dan sekitar USD3,24 miliar pada 2015.

Investasi Italia di Indonesia berada pada peringkat ke-16, dengan nilai USD15 juta (27 proyek) di triwulan pertama 2016 dan USD104,1 juta (118 proyek) pada 2015. 


(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA