AS dan Indonesia Sepakati 11 MoU Bidang Energi

Sonya Michaella    •    Jumat, 21 Apr 2017 14:40 WIB
indonesia-as
AS dan Indonesia Sepakati 11 MoU Bidang Energi
Wapres AS Mike Pence (kiri) dan Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan (tengah) bersama sejumlah pengusaha dari Kamar Dagang Indonesia di Hotel Shangrilla, Jakarta, Jumat 21 April 2017. (Foto: Antara/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam pertemuan bisnis antara pebisnis Indonesia dan Amerika Serikat (AS), akhirnya disepakati 11 Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di sejumlah bidang. 

Kesepakatan ini memperdalam peluang bagi hubungan kerja sama Indonesia dengan AS. 

Kesebelas kerja sama itu terjalin antara PLN dan Applied Materials; Greenbelt Resources dan Jababeka Infrastructure; Haliburton dan PLN; Honeywell dan PT. Dirgantara Indonesia; Nextgen dan Samarinda; Powerphase dan PT Indonesia Power/PT Pembangkitan Jawa Bali; General Electric dan PLN; Ormat dan PLN; Exxonmobil dan Pertamina serta Pacific Infra Capital dengan PLN.

Menariknya, penandatanganan MoU Exxonmobil dan Pertamina serta Pacific Infra Capital dan PLN disaksikan langsung Wakil Presiden AS Mike Pence dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Sementara, sembilan MoU lainnya disaksikan Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan.

"Kesepakatan kerja sama dua negara ini menunjukkan komitmen AS dalam hubungan ekonomi dengan Indonesia. Kesebelas kerja sama ini berjalan dengan total lebih dari USD 10 miliar," tegas Pence.

"Di samping sejumlah penandatanganan kerja sama ini, saya dan Presiden Donald Trump sangat optimistis hubungan AS-Indonesia bisa terus meningkat ke depannya," lanjut dia.


Mike Pence (tengah) bersama sejumlah pengusaha dari Kadin. (Foto: Antara)

Kerja sama ini juga diapresiasi JK, di mana ia menyebutkan bahwa Indonesia juga ingin meningkatkan hubungan ekonominya dengan Negeri Paman Sam.

"Ya hari ini melaksanakan hubungan ekonomi dengan baik, karena Kalla juga seperti kita semua yang ingin meningkatkan ekonominya dengan cara investasi," ucap Kalla ketika ditemui di Hotel Shangrila, Jakarta, Jumat 21 April 2017.


Wapres Kalla saat ditemui awak media di Hotel Shangrilla. (Foto: MTVN)

Kalla menambahkan, penandatanganan sejumlah MoU ini adalah bagian dari kelanjutan kerja sama dua negara. "Menarik bahwa ada kerja sama antara Exxon dan Pertamina," ungkapnya.

Usai singgah di Indonesia selama dua hari terakhir, Pence segera bertolak ke Australia dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull.

 


(WIL)