Seorang Pencari Suaka Ditemukan Tewas di Pulau Manus

Sonya Michaella    •    Senin, 07 Aug 2017 16:19 WIB
australiapencari suaka
Seorang Pencari Suaka Ditemukan Tewas di Pulau Manus
Pusat Penahanan Pulau Manus, Australia. (Foto: The Sydney Morning Herald)

Metrotvnews.com, Manus: Seorang pencari suaka yang ditahan di Pusat Penahanan Australia yang berlokasi di Pulau Manus, ditemukan tewas.

Polisi setempat mengatakan, jasad pria pencari suaka itu ditemukan di dekat pusat transit pengungsi di Lorengau Timur, pada pagi hari ini.

Dikutip dari BBC, Senin 7 Agustus 2017, Departemen Imigrasi dan Perbatasan Australia mengatakan bahwa otoritas Papua Nugini sedang menyelidiki penyebab kematian pencari suaka tersebut.

Pernyataan awal, polisi menyatakan bahwa pencari suaka asal Iran itu diindikasikan bunuh diri. Namun, pernyataan polisi ini dibantah oleh pencari suaka lainnya.

Identitas lengkap dari pria Iran ini juga belum dibeberkan oleh polisi.

Sampai saat ini, masih ada ratusan pencari suaka dan pengungi yang tiba di Australia dengan kapal, ditahan di Pulau Manus dan Nauru sebagai kebijakan lama pemerintah.

Australia bahkan setuju untuk menutup pusat Pulau Manus tahun lalu, setelah pengadilan Papua Nugini memutuskan bahwa menahan pencari suaka dan pengungsi di sana tidaklah konstitusional.

Sejumlah kelompok Hak Asasi Manusia juga mengatakan bahwa kondisi kamp penahanan di Papua Nugini dan Nauru tidak memadai karena kondisi kebersihan yang buruk, kurangnya fasilitas dan udara panas yang tak habis-habis.

Pulau Manus, rencananya, akan ditutup pada 31 Oktober 2017 mendatang.



(WIL)