Australia Sebut ISIS Kirim Bahan Bom untuk Ledakkan Pesawat

Sonya Michaella    •    Jumat, 04 Aug 2017 10:56 WIB
isisaustralia
Australia Sebut ISIS Kirim Bahan Bom untuk Ledakkan Pesawat
Polisi sedang melakukan penggeledahan di jalan-jalan utama Sydney. (Foto: APTN)

Metrotvnews.com, Canberra: Kepolisian Australia menyebut bahwa ada komandan kelompok militan Islamic State (ISIS) yang mengirim komponen untuk merakit bom guna meledakkan pesawat komersial Australia.

Komponen atau bahan untuk merakit bom ini dikirim kepada dua orang yang telah ditangkap dengan dugaan terorisme, 15 Juli kemarin.

Dilansir ITV, Jumat 4 Agustus 2017, bahan-bahan bom itu diketahui sudah berada di tangan dua tersangka. Namun, berhasil digagalkan kepolisian Australia. 

Dua tersangka ini diketahui mencoba untuk membawa alat peledak itu di pesawat Etihad Airways pada 15 Juli. Pasalnya, bom rakitan tersebut diketahui oleh petugas bandara.

Bahan peledak ini diklasifikasikan sebagai "bahan peledak kelas militer" dan berhasil dikirim oleh ISIS via kargo udara dari Turki.

Dua surat perintah penggeledahan properti terkait kasus ini sudah berlaku.

Sejumlah penggerebekan dilakukan di beberapa properti di seluruh penjuru Sydney oleh otoritas penegak hukum sejak akhir pekan lalu.

Para penyidik terlihat membongkar tempat sampah dan memindahkan barang-barang dari dalam bangunan.

Sebelum pernyataan polisi itu, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan tingkat ancaman terhadap penerbangan di Australia telah berhasil diatasi.


(FJR)