Membumikan ASEAN dengan Sastra dan Budaya

Sonya Michaella    •    Rabu, 02 Aug 2017 15:23 WIB
asean
Membumikan ASEAN dengan Sastra dan Budaya
ALF ke-4 akan Digelar dari tanggal 3 hingga 6 Agustus di Kompleks Kota Tua, Jakarta. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memeriahkan hari ulang tahun ke-50 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI turut mendukung pelaksanaan ASEAN Literary Festival (ALF) yang keempat.

Festival yang sudah dilaksanakan sejak 2014 ini menjadikan budaya dan sastra sebagai unsur penting keberlangsungan dan media komunikasi masyarakat ASEAN. 

"Kemendikbud sangat mendukung rangkaian acara ini untuk lebih membumikan ASEAN, dan agar masyarakat lebih mengerti soal ASEAN," kata perwakilan dari Kemendikbud, Darmawati kepada awak media di Museum Keramik, kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017.

Dikatakan, kegiatan-kegiatan ASEAN memang sudah banyak digelar. Namun, bagaimana caranya budaya dan sastra menjadi alat untuk menyatukan masyarakat ASEAN.

"Kita juga ingin masyarakat tahu bahwa ada komunitas ASEAN di sini. Nanti akan ada penulis, jurnalis, pelukis dan sastrawan dari 10 negara ASEAN, bahkan dari negara mitra ASEAN," ungkapnya.

Digelar dari tanggal 3 hingga 6 Agustus di Kompleks Kota Tua, Jakarta, festival akan menyuguhkan berbagai macam model sastra dan budaya ASEAN, antara lain pameran buku penulis dan jurnalis asal kawasan ASEAN, workshop sastra, diskusi, festival makanan dan Festival Budaya Panji.

Berbagai tema diskusi akan dihadirkan di ALF 2017, mulai dari demokrasi, radikalisme, persekusi, feminisme, dan kebebasan beragama.

Terkait festival makanan ASEAN, acara ini merupakan bentuk kontribusi Indonesia untuk memberikan pemahaman tentang ASEAN kepada masyarakat melalui kuliner. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan diplomatik, baik secara bilateral, regional dan global. 

Kegiatan yang akan disuguhkan di festival ini adalah demo masak, workshop, dan quiz yang akan diikuti peserta dari perwakilan Kedutaan-kedutaan Besar negara ASEAN di Jakarta.



(WIL)