Menlu Laos: ASEAN Harus Bawa Keuntungan bagi Rakyatnya

Sonya Michaella    •    Kamis, 27 Jul 2017 16:19 WIB
indonesia-laos
Menlu Laos: ASEAN Harus Bawa Keuntungan bagi Rakyatnya
Menlu Retno Marsudi menerima kunjungan Menlu Laos Saleumxay Kommasith (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ASEAN di Filipina yang akan digelar pekan depan, Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith berkesempatan untuk mengunjungi Indonesia.
 
Diterima oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, perhelatan KTM ASEAN juga menjadi salah satu topik yang diperbincangkan pada pertemuan pagi tadi.
 
"Kedua negara berkomitmen untuk terus menguatkan ASEAN dan menjaga stabilitas serta perdamaian kawasan dan global," tegas Menlu Retno kepada awak media di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 27 Juli 2017.
 
 
Sementara, Menlu Kommasith menambahkan bahwa hubungan bilateral antara negara-negara anggota ASEAN juga harus dipererat dan ditingkatkan lagi.
 
"Negara-negara ASEAN tak hanya harus makin meningkatkan prioritas ASEAN, namun juga harus bekerja bersama-sama untuk membawa keuntungan bagi masyarakat ASEAN," ungkap dia.
 
Menlu Kommasith mengaku sepakat dengan Menlu Retno terkait pembicaraan dua negara soal politik, keamanan, penangkalan terorisme, pertahanan, ekonomi, budaya dan pariwisata.
 
 
Di bidang pariwisata, Laos dan Indonesia sepakat untuk melebarkan sayap di sektor tersebut. Dikatakan, warga Laos yang notabene tidak memiliki wilayah pantai, sangat antusias untuk berkunjung ke Indonesia yang memiliki banyak pantai indah.
 
"Warga Indonesia juga harus mengunjungi Laos, nikmati keindahan Laos. Sebaliknya, warga Laos yang ingin menikmati pantai, juga harus berkunjung ke Indonesia," tutur dia.
 
Di bidang ekonomi, Menlu Kommasith direncanakan akan meninjau PT Pupuk Kujang di Cikampek, besok, untuk membahas perluasan kerja sama dua negara. 
 
Selain itu, PT Pertamina juga mulai tertarik untuk membuka peluang kerja sama dengan Laos di bidang retail sektor bisnis energi. 



(FJR)