Taiwan Terancam Hantaman Topan Haitang

Sonya Michaella    •    Selasa, 01 Aug 2017 10:28 WIB
topan badaitaiwan
Taiwan Terancam Hantaman Topan Haitang
Kerusakan yang terjadi akibat hantaman Topan Nesat. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Taipei: Setelah dihantam Topan Nesat awal pekan ini, kini Taiwan bersiap untuk menerima hantaman badai yang lebih kuat yaitu Topan Haitang.

Akibat Topan Nesat, jumlah orang terluka yang awalnya 81 orang kini mencapai 130 orang. 

Dikutip Channel News Asia, Selasa 1 Agustus 2017, Kota Kaohsiung yang terletak di selatan Taiwan, tengah bersiap melakukan evakuasi menjelang datangnya Topan Haitang.

Pasalnya, menurut keterangan dari Biro Cuaca Pusat Taiwan, Topan Haitang bisa membawa hujan deras, banjir hingga tanah longsor.

"Topan Haitang diperkirakan mencapai selatan Taiwan siang ini, kurang dari 24 jam. Ini pertama kalinya Taiwan menerima peringatan badai sebanyak dua kali dalam waktu yang berdekatan," sebut Biro Cuaca Pusat Taiwan.

Diperkirakan pula, Topan Haitang akan bergerak ke tenggara China. Pasalnya, Kota Kaohsiung yang berdekatan dengan China telah mengalami hujan lebat selama dua hari terakhir.

lebih dari 10 ribu orang, sebagian besar dari Taiwan selatan, sudah dievakuasi sebelum topan datang. Sebanyak 1612 warga Taiwan masih bertahan di penampungan sementara pada Minggu 30 Juli. 

Sementara itu, Topan Nesat memicu pembatalan 145 penerbangan internasional dan menyebabkan pemadaman listrik di hampir setengah juta rumah. 





(FJR)