Korban Badai Pasir dan Petir di India Jadi 70 Orang

Willy Haryono    •    Senin, 14 May 2018 15:21 WIB
indiabadai pasir
Korban Badai Pasir dan Petir di India Jadi 70 Orang
Warga berjalan di tengah badai pasir di Allahabad, India, 13 Mei 2018. (Foto: AFP/SANJAY KANOJIA)

Uttar Pradesh: Jumlah korban tewas akibat badai pasir diserta hujan petir bertambah dari laporan awal 23 menjadi 70 orang. Total korban tewas dari fenomena alam serupa sepanjang bulan ini di India mencapai lebih dari 200. 

Angin dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam melanda beberapa area di utara, timur dan selatan India pada Minggu malam. Angin menumbangkan pepohonan, tiang listrik dan sejumlah rumah.

T.P. Gupta dari Badan Penanggulangan Bencana India mengatakan kepada AFP bahwa 40 orang tewas akibat badai petir yang menumbangkan tembok rumah, pepohohan dan tiang listrik di Uttar Pradesh.

Delapan puluh orang lainnya terluka akibat angin yang merobohkan hampir 40 rumah di negara bagian terpadat di India itu.

Sementara di Bengal Barat, 14 orang tewas di tengah badai petir, dan 12 lainnya akibat tersambar halilintar di Andhra Pradesh.

Pada 1 Mei, lebih dari 40 ribu sambaran petir juga dilaporkan terjadi di India selatan. Sambaran menewaskan 14 orang dalam hitungan jam.

Sementara di ibu kota New Delhi, angin dilaporkan berada dalam kecepatan 59 kilometer per jam

Badai debu dan hujan lebat telah melanda India dua pekan terakhir. Lima negara bagian utama India paling terkena dampaknya.

Tambahan layanan panggilan darurat tetap tersedia dan akan segera didistribusikan menanggapi permintaan dari Perdana Menteri Narendra Modi yang mengerahkan seluruh pejabat.


(WIL)