Berusia 51 Tahun, Sentralitas ASEAN Diharapkan Makin Kuat

Sonya Michaella    •    Rabu, 08 Aug 2018 12:34 WIB
asean
Berusia 51 Tahun, Sentralitas ASEAN Diharapkan Makin Kuat
Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi di ASEAN Secretariat, Rabu 8 Agustus 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: ASEAN memasuki usia 51 tahun. Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Hock Hoi berharap agar organisasi yang terbentuk sejak 1967 ini terus mengutamakan sentralitas dan kesatuan.

“Saya harap akan ada konektivitas yang lebih baik dan lebih kuat antar negara ASEAN. Dan tentunya ASEAN harus mengutamakan perdamaian, sentralitas dan kesejahteraan kawasan,” kata Lim dalam pidatonya di ASEAN Secretariat, Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018.

Setiap tahun bertambah usia, lanjut dia, harus menjadikan ASEAN lebih kuat serta lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita harus menguatkan sentralitas masyarakat kita. Hubungan antar masyarakat negara-negara ASEAN harus ditingkatkan,” ungkap Lim lagi.

Ia juga menjabarkan ASEAN akan memiliki gedung baru yang diperkirakan selesai pembangunannya tahun depan.

“Gedung baru ASEAN menunjukkan kerja keras negara-negara ASEAN, terutama Indonesia, sebagai negara markas dari ASEAN di mana gedung baru ini akan lebih memantapkan kinerja ASEAN ke depannya,” tukas dia.

Acara ulang tahun ASEAN ke-51 ini dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Duta Besar RI untuk ASEAN Ade Padma Sarwono dan sejumlah dubes-dubes negara mitra ASEAN.


ASEAN mengutamakan perdamaian, sentralitas dan kesejahteraan. (Foto: Sonya Michaella)


(WIL)