Pejabat AS-Korut Bertemu Jelang KTT Trump-Kim

Sonya Michaella    •    Senin, 11 Jun 2018 10:07 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Pejabat AS-Korut Bertemu Jelang KTT Trump-Kim
Dubes AS untuk Filipina Sung Kim (kiri) dan Wamenlu Korut Choe Soe-hui. (Foto: Strait Times)

Singapura: Pertemuan antara pejabat Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) dilaksanakan pagi ini di Singapura untuk mempersiapkan pertemuan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Trump dan Kim rencananya akan bertemu di Hotel Capella, Pulau Sentosa, 12 Juni besok, sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Dilansir dari Strait Times, Senin 11 Juni 2018, Duta Besar AS untuk Filipina yang juga menjadi utusan khusus, Sung Kim, terlihat sudah tiba di Hotel Ritz-Carlton, Singapura.

Setelah itu, Wakil Menteri Luar Negeri Korut, Choe Soe-hui juga terlihat tiba di hotel yang sama.

Meski tertutup, diyakini pembicaraan tersebut untuk mempersiapkan pertemuan Trump dan Kim besok. Dikabarkan, ada lima agenda yang akan dibahas Sung bersama Choe.

Trump telah tiba di Singapura pada 10 Juni malam di Pangkalan Udara Paya Lebar dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan. Kim Jong-un telah tiba terlebih dahulu sekitar pukul 14.00 siang waktu setempat. 

Rencananya, hari ini Trump akan bertemu dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong. Sebelumnya, PM Lee sudah menjamu Kim Jong-un di kediamannya.


(WIL)