Lanjutkan Tur Asia, Wapres AS Kunjungi Jepang

Sonya Michaella    •    Selasa, 18 Apr 2017 09:30 WIB
as-jepang
Lanjutkan Tur Asia, Wapres AS Kunjungi Jepang
Wapres AS, Mike Pence beserta istri dan dua anaknya bersiap meninggalkan Korsel menuju Jepang. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Usai mengunjungi Korea Selatan (Korsel), Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence segera melanjutkan tur Asia-nya ke Jepang. 

Disebut-sebut, Pence membawa komitmen baru untuk hubungan AS dan Jepang, terutama di sektor keamanan dan pertahanan di tengah ancaman nuklir Korea Utara.

Dilansir Channel News Asia, Selasa 18 April 2017, Pence akan mencoba untuk meyakinkan Jepang bahwa komitmen keamanan dua negara akan ditingkatkan dan dibuat lebih ketat menyusul ancaman Korut yang semakin nyata.

Sama seperti Korsel, Jepang pun telah menerima ancaman langsung dari rezim Kim Jong-un tersebut.

Pada Februari lalu, Pyongyang menembakkan empat rudal balistik ke arah lepas pantai timur, tiga di antaranya jatuh di dekat zona Tokyo.

"Dengan koordinasi erat, saya harap Korut bisa dituntut untuk menahan diri dalam mengambil tindakan provokatif dan mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB," ujar juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga.

Di samping itu, Dewan Keamanan Nasional Jepang membahas rencana untuk mengevakuasi hampir 60 ribu warganya dari Seoul jika krisis muncul di Semenanjung Korea.

Kantor berita Kyodo melaporkan bahwa Jepang mulai membahas rencana menghadapi kemungkinan krisis di Semenanjung Korea pada Februari, yaitu setelah Perdana Menteri Shinzo Abe bertemu Trump pada konferensi tingkat tinggi di Amerika Serikat.

Para peserta sidang Dewan Keamanan Nasional pada 23 Februari memperkirakan krisis di Semenanjung Korea bisa menimbulkan gelombang besar pengungsi yang menggunakan di sepanjang perairan Laut Jepang.

 


(WIL)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

44 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA