Bocah 5 Tahun Tewas Tertembak Pasukan India di Kashmir

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Sep 2017 08:23 WIB
konflik kashmir
Bocah 5 Tahun Tewas Tertembak Pasukan India di Kashmir
Seorang petugas keamanan India berpatroli di Kashmir. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kashmir: Seorang bocah perempuan berusia lima tahun dilapokan tewas akibat tertembak senjata api oleh pasukan India di Kashmir, area perbatasan yang disengketakan dengan Pakistan.

Peristiwa bermula saat bocah kecil itu keluar dari rumahnya di desa Polas. Tiba-tiba sebuah peluru nyasar mengenai bagian kepala. 

Korban langsung dilarikan ke rumah sakit, namun meninggal dunia dalam perjalanan. 

"Sebuah peluru nyasar dari pasukan India menembus kepalanya," kata seorang pejabat lokal Tahir Mumtaz, seperti dilaporkan Al Jazeera, Sabtu 2 September 2017. 

Warga Polas turun ke jalan dan memprotes kematian korban. Mereka juga mengutuk adanya baku tembak saat perayaan Hari Raya Idul Adha. 

Setelah India dan Pakistan merdeka dari Inggris pada 1947, kedua negara berperang atas status Kashmir selama dua tahun. 

Ketegangan kembali berujung perang pada 1965 dan 1999, saat keduanya sama-sama mendeklarasikan sebagai negara pemilik kekuatan nuklir. 

Hingga saat ini, ketegangan di Kashmir masih tetap tinggi. Puluhan ribu warga sipil tewas dalam konflik kedua negara di perbatasan tersebut. 

Baik India maupun Pakistan sama-sama mengklaim keseluruhan Kashmir. Sejak akhir September, baku tembak sering terjadi di Kashmir. 

April lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan bahwa konflik yang melibatkan senjata nuklir berisiko meletus. Hal ini terkait konflik Korea Utara dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, serta perseteruan antara India dan Pakistan di Kashmir.


(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA