Sentosa Island jadi Area Acara Khusus KTT Trump-Kim

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 06 Jun 2018 02:23 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Sentosa Island jadi Area Acara Khusus KTT Trump-Kim
Sentosa Island akan jadi area khusus pertemuan Kim-Trump. (Foto: Dok. Kementerian Dalam Negeri Singapura).

Singapura: Pemerintah Singapura menambah Sentosa Island sebagai salah satu tempat acara khusus pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Penambahan 'area khusus' ini tertulis dalam Undang-Undang Ketertiban Umum. "Seluruh area di Sentosa Island serta perairan pantai selatan dan baratnya akan dijadikan area acara khusus dan mulai berlaku pada 10 hingga 14 Juni," demikian pernyataan Pemerintah Singapura, dilansir dari The Straits Times, Selasa, 5 Juni 2018.

Diduga Hotel The Capella akan menjadi tempat menginap salah satu pemimpin. Hotel ini merupakan tempat diskusi delegasi AS dengan kepala staf de facto Korut Kim Chang Son pekan lalu.

Keduanya membahas mengenai logistik untuk pertemuan pada 12 Juni mendatang. Meski demikian, belum ada pengumuman resmi yang dibuat mengenai area pertemuan puncak pemimpin kedua negara tersebut.

Pemerintah Singapura sendiri telah mengumumkan bahwa daerah Tanglin yang mengelilingi Hotel Shangri-La diduga akan menjadi tempat pertemuan Trump dan Kim Jong-un.

Penjagaan di Singapura sejak pekan ini juga sudah ditambah. Pemerintah mengatakan orang-orang dan kendaraan yang memasuki wilayah ini diperiksa lebih ketat.


(UWA)