Tujuh Militan Taliban Tewas dalam Serangan Udara Afghanistan

Willy Haryono    •    Minggu, 08 Oct 2017 17:44 WIB
taliban
Tujuh Militan Taliban Tewas dalam Serangan Udara Afghanistan
Personel gabungan Afghanistan dan AS bersiaga di lokasi serangan bom yang menargetkan target NATO di Kabul 24 September 2017. (Foto: AFP/WAKIL KOHSAR)

Metrotvnews.com, Kabul: Sedikitnya tujuh anggota Taliban tewas dalam serangan udara pasukan Afghanistan di provinsi Sari Pul, Sabtu 7 Oktober 2017 malam waktu setempat. 

Juru bicara Korps Militer Afghanistan di wilayah utara, Nasratullah Jamshidi, melaporkan sebelas militan lainnya juga terluka dalam serangan tersebut. Seperti dikutip Associated Press, serangan ditujukan kepada pusat pelatihan militan di distrik Kohistanat.

Hingga saat ini belum ada komentar dari Taliban.

Sementara itu dalam kejadian terpisah, dua polisi tewas setelah sejumlah militan menyerang pos penjagaan mereka di Dand-e-Ghori, provinsi Baghlan. Satu polisi lainnya juga terluka dalam serangan tersebut.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Baghlan. Namun selama ini Taliban sering menyerang aparat keamanan Afghanistan di berbagai wilayah. 

Pertengahan September lalu, seorang prajurit Rumania tewas dalam serangan bunuh diri kelompok militan Taliban yang menyerang sebuah konvoi pasukan NATO di Afghanistan selatan. Serangan juga melukai dua tentara lainnya. 

Pelaku menabrakkan kendaraan berisi bahan peledak ke mobil patroli di distrik Daman, provinsi Kandahar, Jumat kemarin. Satu korban tewas dan dua luka merupakan prajurit NATO asal Rumania. 

Masih di bulan yang sama, dua pelaku bom bunuh diri Taliban melancarkan serangan terpisah di sekitar Pangkalan Udara Bagram, instalasi militer terbesar AS di Afghanistan. Serangan melukai beberapa prajurit AS dan warga sipil.


(WIL)