Infrastruktur akan Dibahas Jokowi-Abe di sela KTT ASEAN

Sonya Michaella, Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 12 Nov 2017 17:58 WIB
indonesia-jepang
Infrastruktur akan Dibahas Jokowi-Abe di sela KTT ASEAN
Presiden RI Joko Widodo dan PM Jepang Shinzo Abe di KTT APEC, Vietnam. (Foto: AFP)

Manila: Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sela KTT ASEAN ke-31 di Filipina.

"Presiden dan PM Abe akan meluncurkan logo 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Tahun depan, dua negara akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam video yang diterima Metrotvnews.com, Minggu 12 November 2017.

"Kita sudah membicarakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan bersama, baik di Jepang maupun Indonesia dalam memperingati hubungan diplomatik," lanjut dia.

Sejumlah proyek juga akan dibahas oleh Jokowi dan Abe. Baru-baru ini, Jokowi juga sempat menerima delegasi bisnis Jepang.

"Dalam pertemuan nanti akan dibahas pembangunan infrastruktur Jepang yang ada di Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, untuk besok, akan ada 11 kegiatan yang akan dilakukan Jokowi, termasuk makan malam dengan pemimpin negara lainnya.

"Acaranya akan sangat padat. Tiap satu jam akan ganti acara. Pada 14 November akan ada kegiatan yang dilakukan Presiden. Jika ditotal dua hari, akan ada 21 kegiatan," ucap Menlu Retno.

Sementara pada tingkat menteri, hari ini mulai berlangsung pertemuan di tingkat menteri. Pertama di pilar politik dan keamanan, yang sudah dilakukan pertemuan pada pagi hari. Menkopolhukam Wiranto dan Menkoperekonomian Darmin Nasution hadir dalam acara ini.



(FJR)