Rp4 Miliar dari Kemhan Australia untuk Latih Militer Myanmar

Sonya Michaella    •    Selasa, 06 Mar 2018 13:20 WIB
myanmaraustralia
Rp4 Miliar dari Kemhan Australia untuk Latih Militer Myanmar
Pasukan militer Myanmar atau Tatmadaw. (Foto: AFP)

Canberra: Kementerian Pertahanan Australia berencana untuk mengeluarkan lebih dari USD300 ribu atau setara dengan Rp4 miliar guna melatih militer Myanmar.

Pengeluaran tersebut mencakup pelatihan Bahasa Inggris dan kursus pelatihan. Pendanaan juga meliputi latihan militer di wilayah yang disepakati Australia dan Thailand.

"Kemhan memiliki program pertahanan sederhana dengan Myanmar di daerah-daerah tertentu, dengan fokus pada bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana," tulis pernyataan resmi dari Kemhan Australia.

Dilansir dari Asian Correspondent, Selasa 6 Maret 2018, militer Myanmar telah dihadapkan dengan berbagai tuduhan pembersihan etnis Rohingya di Rakhine State.

"Bantuan ini dirancang untuk menyokong kekuatan militer Myanmar dengan model profesional dan modern serta menyoroti pentingnya mematuhi hukum humaniter internasional," lanjut pernyataan itu.

Sejak 2017, hampir 700 ribu pengungsi Rohingya menlarikan diri ke perbatasan Bangladesh dengan alasan meningkatnya kekerasan militer, termasuk pembunuhan massal, pemerkosaan dan pembakaran desa.

Namun, bantuan dana yang diberikan Australia kepada Tatmadaw, sebutan militer Myanmar, mendapat kecaman dari berbagai kelompok hak asasi manusia.

Amnesty Internasional bahkan menyebut Australia mendukung Myanmar untuk melakukan kampanye kejam terhadap Rohingya dengan mendanai pelatihan bagi Tatmadaw.



(FJR)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA