Pesawat Antariksa Shenzhou 11 Tiongkok Meluncur Senin Besok

Arpan Rahman    •    Minggu, 16 Oct 2016 16:46 WIB
luar angkasa
Pesawat Antariksa Shenzhou 11 Tiongkok Meluncur Senin Besok
Shenzhou 11 akan dinaiki dua astronot Tiongkok. (Foto: People's Daily Online)

Metrotvnews.com, Beijing: Tiongkok akan meluncurkan pesawat luar angkasa dua awak, Shenzhou 11, Senin 17 Oktober. Kantor berita pemerintah Xinhua mengatakan, Negeri Tirai Bambu kini semakin dekat mengejar ambisi mendirikan stasiun luar angkasa berawak secara permanen pada 2022.

Presiden Xi Jinping menyerukan Tiongkok untuk menjadi negara yang memiliki kekuatan teknologi luar angkasa. 

Dilansir Reuters, Minggu (16/10/2016), Tiongkok menyatakan program luar angkasanya bertujuan damai. Namun, Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah menyoroti kemampuan Tiongkok yang meningkat pesat. Pihak Pentagon menyebut Tiongkok memburu aktivitas yang bertujuan buat mencegah musuh menggunakan aset berbasis ruang angkasa dalam keadaan krisis.

Menurut pejabat program ruang angkasa Tiongkok, kedua astronot Shenzhou 11 dalam kondisi baik dan siap meluncur ke luar angkasa.

Setelah meluncur Senin besok pada pukul 7:30 pagi waktu Beijing, para astronot akan menghabiskan waktu sekitar sebulan untuk menguji sistem dan proses tinggal di luar angkasa, mengisi bahan bakar, dan melakukan percobaan ilmiah.

"Pesawat akan membawa dua astronot laki-laki, Jing Haipeng dan Chen Dong, ke luar angkasa," kata Wu Ping, wakil direktur badan rekayasa ruang angkasa berawak Tiongkok, pada konferensi pers di Jiuquan Satellite Launch Center.

Wu menambahkan, misi ini akan dilakukan dengan peluncur roket Long March-2F. "Pesawat luar angkasa akan bersandar di orbit laboratorium Tiangong-2 selama dua hari, dan para astronot akan tinggal di laboratorium itu untuk 30 hari," katanya, seperti disitir Shanghai Daily.

Setelah itu, Shenzhou-11 akan memisahkan diri dengan Tiangong-2 dan kembali ke bumi dalam satu hari.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA