Ditutup dari Turis, Hiu Kembali ke Pantai Thailand

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 09 Dec 2018 10:00 WIB
thailand
Ditutup dari Turis, Hiu Kembali ke Pantai Thailand
Gerombolan Hiu Karang Blacktip kembali ke Maya Bay, Thailand. (Foto: Mediacorp).

Pulau Phi Phi: Pemerintah Thailand melarang turis untuk masuk ke Maya Bay yang berada di Kepulauan Phi Phi. Usai ditutup sejak pertengahan tahun ini, hiu karang kembali ke perairan tersebut.

"Ketika perahu hilang, para hiu kembali," kata Dr Thon Thamrongnawasawat, ilmuwan kelautan dari Universitas Kasetsart, dinukil dari Channel News Asia, Minggu 9 Desember 2018.

Thamrongnawasawat mengatakan para ahli hiu menemukan fenomena sangat menarik. Mereka percaya teluk tersebut bisa menjadi tempat yang sangat penting untuk para hiu karang blacktip berkembang biak.

"Masih belum jelas apakah kehadiran mereka akan permanen atau musiman. Yang kecil mungkin akan meninggalkan perairan ini, namun yang besar bisa jadi menetap untuk berkembang biak," imbuh dia.

Peningkatan populasi hiu karang blacktip di Maya Bay terjadi setelah beberapa bulan daerah tersebut ditutup untuk umum. Langkah ini diambil pemerintah sebagai upaya nasional mereformasi wisata bahari dan merehabilitasi lingkungan laut Thailand.

Ilmuwan kelautan mengaku terkejut saat hewan-hewan itu kembali dalam jumlah besar. Menurut Thamrongnawasawat, kepadatan populasi hiu ini yang tertinggi di perairan Thailand.

"Populasi mereka yang terus bertambah merupakan tanda jelas bahwa penutupan Maya Bay menghasilkan sesuatu yang berharga," pungkasnya.


(JMS)