Sepeninggal Raja Bhumibol, Indonesia Yakin Thailand Tetap Stabil

Sonya Michaella    •    Jumat, 14 Oct 2016 12:15 WIB
raja thailand
Sepeninggal Raja Bhumibol, Indonesia Yakin Thailand Tetap Stabil
Warga Thailand histeris usai Raja Bhumibol Adulyadej wafat (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Belasungkawa terdalam disampaikan Pemerintah Indonesia atas wafatnya Raja Thailand, Raja Bhumibol Adulyadej.
 
Belasungkawa ini disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo serta Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Baca: Kekhawatiran Warga Thailand Sepeninggal Raja Bhumibol).
 
Namun, sepeninggal Bhumibol, rakyat Thailand merasa khawatir tentang masa depan Thailand. Pasalnya, beberapa waktu terakhir Thailand didera serangan bom dan gejolak ekonomi dan Bhumibol lah yang bisa mengatasi hal tersebut.
 
"Pemerintah Indonesia sangat berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Raja Thailand. Thailand adalah negara tetangga Indonesia dan juga sama-sama menjadi anggota ASEAN," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (14/10/2016).


Warga Thailand berduka (Foto: AFP)

 
Ketika ditanya apakah ada perwakilan dari Indonesia yang akan datang ke pemakaman Bhumibol, Arrmanatha belum bisa memastikan karena Indonesia juga belum mendapat informasi terbaru.
 
"Sampai saat ini belum dapat info pemakaman raja. Kalau sudah ada, kita tentu menyesuaikan dan akan mengirimkan wakil dari Indonesia," ujarnya lagi.
 
Ia mengungkapkan keyakinannya bahwa Thailand tetap akan menjadi negara yang stabil sepeninggal Bhumibol.
 
"Kami yakin, sebagai sesama anggota ASEAN, kita juga bekerja bersama ke depannya. Kami yakin bahwa pemerintah dan rakyat Thailand akan bekerja bersama untuk stabilitas Thailand ke depannya," ungkap Arrmanatha.
 
 
Bhumibol wafat di usia 88 tahun. Bhumibol adalah raja yang paling lama berkuasa yaitu selama 70 tahun. Putra Mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn akan segera dilantik untuk menggantikan takhta ayahnya.

 
 



(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

5 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA