Livestreaming

Tiga Turis Terjepit di Celah Jurang Situs Wisata

Willy Haryono    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:27 WIB
australia
Tiga Turis Terjepit di Celah Jurang Situs Wisata
Tim penyelamat dalam operasi penyelamatan tiga turis yang terjebak di celah jurang Uluru, batu besar yang merupakan situs wisata ternama di Australia. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Northern Territory: Tiga pria berhasil diselamatkan setelah terjepit di celah jurang situs wisata ternama Uluru di Northern Territory, Australia. Ketiganya dibawa ke tempat aman setelah melewati operasi penyelamatan yang cukup sulit pada malam hari. 

Tim penyelamat harus berjuang melawan angin kencang dan turun sejauh 320 meter untuk mencapai celah jurang tempat ketiga turis terjepit. Ketiganya merupakan turis lokal yang terjepit setelah keluar dari rute awal dalam pendakian Uluru atau juga dikenal dengan Ayers Rock. 

Ketiga pria itu menuruni lereng terjal menuju dasar Uluru, namun terjebak di tengah perjalanan. 

"Mereka beruntung karena tidak terluka," kata juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Northern Territory Nicole Ogilvie kepada AFP, Selasa (20/9/2016). 

"Akan sangat buruk jika Anda keluar dari rute yang sudah ditetapkan (di Uluru)," sambung dia. 

Helikopter didatangkan ke puncak Uluru untuk memulai proses penyelamatan yang cukup kompleks. "Karena minimnya cahaya dan peralatan, operasi pencarian relatif lamban," tutur seorang relawan, Alan Leahy. 

"Kami turun sejauh 320 meter. Anginnya sangat kencang," ucap dia. 

Uluru, sebuah batu raksasa setinggi 348 meter di area gurun pasir di Australia, dikelilingi lahan tandus seluas ribuan kilometer persegi. Area tandus di pusat Australia tersebut dikenal dengan sebutan Outback. 


Uluru atau juga disebut Ayers Rock. (Foto: Australia Government)

Batu besar itu adalah bagian dari mitologi suku Aborigin dan juga merupakan Situs Warisan Budaya Dunia. 

Memanjat Uluru dinilai sebagai suatu kewajiban bagi banyak turis yang mengunjungi Australia. Namun itu bertentangan dengan tradisi Aborigin, yang menganggap Uluru sebagai situs suci. 

Mengeksplorasi Uluru bukan perkara mudah. Sejumlah kematian tercatat terjadi di Uluru dalam beberapa tahun terakhir. Menurut data Agensi Pertamanan Australia, lebih dari 250 ribu orang mengunjungi Uluru pada setiap tahunnya. 


(WIL)

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton
Debat Capres AS 2016

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

3 hours Ago

Jumlah tersebut mengalahkan rekor debat capres Ronald Reagan dengan Jimmy Carter pada 1980. 

BERITA LAINNYA