Menlu RI: Pariwisata Salah Satu Prioritas IORA

Sonya Michaella    •    Sabtu, 22 Apr 2017 11:31 WIB
kemenluiora
Menlu RI: Pariwisata Salah Satu Prioritas IORA
Menlu RI, Retno Marsudi dan Wamenlu RI, AM Fachir. (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menegaskan bahwa pariwisata adalah salah satu prioritas Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia atau IORA untuk meningkatkan pembangunan ekonomi kawasan.

"Potensi pariwisata di kawasan sangat besar. Tinggal bagaimana kita mengelolanya dan membuka kesempatan," ujar Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 21 April 2017.

Menurut dia, setiap negara anggota IORA memiliki daya tarik pariwisata tersendiri dan itu patut dikembangkan. Lalu, ia pun mengambil contoh Indonesia.

"Indonesia sudah menggenjot pariwisata sejak 2009 di kawasan Samudera Hindia, yaitu kampanye Visit Bunaken," jelas dia.

Meningat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) perdana IORA, Maret lalu, Menlu Retno kembali menegaskan komitmen negara-negara IORA dan juga mitranya untuk membangun kawasan serta meningkatkan pembangunan ekonomi.

"Enam prioritas kita sudah punya. Jakarta Concord juga jadi komitmen IORA untuk terus bekerja sama antar negara anggota," tutur Menlu Retno.

Ia juga sempat menyinggung soal hambatan-hambatan yang akan menghadang pelaksanaan Action Plan IORA. Pasalnya, blue economy dan woman empowerment kini juga menjadi dua isu yang disoroti IORA.

"Maka dari itu, kita memang harus terus bekerja sama dan Indonesia juga terus menggunakan diplomasi maritim karena pada saatnya nanti, Samudera Hindia akan menjadi lebih dari sekarang serta menjadi pusat perdagangan dunia," ungkap dia.



(FJR)