Pencarian Pesawat MH370 akan Segera Berakhir

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 29 May 2018 15:00 WIB
misteri mh370
Pencarian Pesawat MH370 akan Segera Berakhir
MH370. (Foto: AFP).

Kuala Lumpur: Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 akan segera berakhir. Akhir pencarian diduga akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

Perusahaan pencarian pesawat asal Amerika Serikat (AS) Ocean Infinity mengatakan tidak ada tanda-tanda pesawat meski pun telah menjelajahi dasar laut dengan beberapa peralatan pencarian paling canggih di dunia.

"Pencarian MH370 akan segera berakhir. Setelah melakukan pencarian hingga ke daerah baru di sekitar 25.000 kilometer persegi di Samudra Hindia sebelah selatan, tidak ditemukan puing-puing pesawat tersebut berada," ucap juru bicara perusahaan, seperti dilansir dari laman AFP, Selasa 29 Mei 2018.

Perusahaan yang berbasis di Texas, AS tersebut mengatakan mereka mencari pesawat MH370 dengan menggunakan kapal Seabed Constructor. Kapal milik Norwegia tersebut membawa 65 awak, termasuk dua anggota angkatan laut Malaysia sebagai wakil pemerintah.

Kapal ini menjelajahi perairan untuk mencari puing kapal dengan menggunakan delapan pesawat tanpa awak yang dilengkapi sonar dan kamera, serta mampu beroperasi hingga kedalaman 6.000 meter.

Hanya tiga bagian MH370 yang berhasil ditemukan dan terkonfirmasi. Semuanya ditemukan di pantai Samudera Hindia barat, termasuk bagian sayap sepanjang dua meter.

MH370 telah hilang selama lebih dari empat tahun, tepatnya pada Maret 2014. Pesawat dengan rute penerbangan Kuala Lumpur-Beijing itu membawa 239 penumpang dan awak kapal.

Kehilangan pesawat tersebut merupakan salah satu misteri penerbangan yang paling aneh dan lama. Sejumlah teori bermunculan, salah satunya pembajakan.


(FJR)