Pesawat Pengebom AS Lintasi Semenanjung Korea

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 11 Oct 2017 14:50 WIB
rudal korut
Pesawat Pengebom AS Lintasi Semenanjung Korea
Pesawat pengebom AS. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Amerika Serikat (AS) menerbangkan dua pesawat pengebom supersonik di atas Semenanjung Korea dalam latihan bersama dengan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang. AS sengaja menerbangkan pesawat pengebomnya sebagai ajang unjuk kekuatan kepada Korea Utara (Korut).

Dua Lancer B-1B yang berbasis di Guam diterbangkan dalam rangka latihan gabungan di sekitar Laut Jepang pada Selasa malam.

"Terbang dan berlatih di malam hari bersama sekutu kami dengan cara yang aman dan efektif merupakan kemampuan penting yang bisa dilakukan antara AS, Jepang dan Korea Selatan untuk meningkatkan kecakapan taktis penerbang masing-masing negara," ujar Mayor Patrick Applegate dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip dari AFP, Rabu 11 Oktober 2017.

Otoritas pertahanan Korea Selatan mengatakan pesawat pengebom tersebut melakukan simulasi tembakan rudal udara dan darat dengan militer mereka di atas Laut Jepang dengan didampingin pesawat mereka. Keempat pesawat tersebut terbang melintasi Semenanjung Korea dan melakukan putaran di atas Laut Kuning.

Mereka juga melakukan latihan menembak sebelum kembali ke pangkalan.

"Latihan ini merupakan bagian dari pelatihan penyebaran rutin yang bertujuan meningkatkan pencegahan terhadap ancaman nuklir Korut," tutur Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS).

Dia menambahkan, latihan kali ini merupakan ajang unjuk tekad sekutu dalam melawan pembangkangan ancaman nuklir dan rudal Pyongyang. B-1B juga melakukan latihan dengan Angkatan Udara Jepang.

Pejabat pemerintahan Korsel dan AS telah meningkatkan pengawasan mereka terhadap provokasi Korut, terutama mendekati peringatan 72 tahun berdirinya partai penguasa Korut, yang jatuh pada hari ini.



(FJR)