Tiongkok Pulangkan 10 Pembelot Korea Utara

Sonya Michaella    •    Rabu, 29 Nov 2017 15:36 WIB
korea utara
Tiongkok Pulangkan 10 Pembelot Korea Utara
Salah satu sudut perbatasan Tiongkok-Korut, Dandong. (Foto: AFP)

Beijing: Tiongkok telah mengirim kembali 10 orang pembelot Korea Utara (Korut) kembali ke negaranya tersebut. 10 orang ini ditahan di Beijing pada awal bulan ini setelah diam-diam melintasi perbatasan.

Seorang pembelot Korut yang kini berada di Korea Selatan mengatakan, istri dan anaknya ada berada di dalam kelompok yang akan dikirim balik ke Pyongyang tersebut.

"Kami bisa kekurangan makanan di sana (Korut). Tidak ada yang bisa dimakan. Jagung pun terbatas," kata pembelot bernama Lee, dikutip dari BBC, Rabu 29 November 2017.

"Mereka dapat saja dibunuh jika dikirim kembali ke Korea Utara," ungkap dia.

Lee yakin, setibanya di Korut, 10 orang ini akan dimasukkan ke pusat penahanan. Namun, Tiongkok dan Korsel belum berkomentar soal pengakuan pembelot ini.

Penangkapan 10 warga Korut itu dilakukan di tengah tindakan keras oleh Tiongkok kepada para pembelot.

Layanan keamanan Tiongkok melaporkan, mereka menangkap setidaknya 49 pembelot Korut sepanjang Juli hingga September. Pada 2016, terdapat 51 orang yang tercatat dalam kurun 12 bulan.

Tiongkok terpaksa memulangkan pembelot-pembelot tersebut karena menganggap mereka adalah imigran ilegal daripada pengungsi. 

"Orang mengatakan Kim Jong-un adalah orang jahat. Tetapi Tiongkok akan lebih jahat jika memaksa memulangkan kami ke Pyongyang," tutup Lee.

Sementara itu, Human Right Watch Asia mengatakan, jika Tiongkok terus-terusan mengembalikan pembelot Korut ke negaranya lagi, itu berarti Tiongkok terlibat dalam penyiksaan, kerja paksa, dan pelanggaran lainnya secara tidak langsung. 


(FJR)