Setelah 61 Tahun, Menlu RI Dijadwalkan Kunjungi Afghanistan

Sonya Michaella    •    Kamis, 02 Nov 2017 15:35 WIB
indonesia-afghanistan
Setelah 61 Tahun, Menlu RI Dijadwalkan Kunjungi Afghanistan
Menlu RI Retno Marsudi direncanakan akan mengunjungi Afghanistan (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir mengungkapkan ada rencana untuk Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi mengunjungi Afghanistan.
 
"Ada rencana. Tapi masih dicocokkan jadwalnya," kata Arrmanatha dalam press briefing di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 2 November 2017.
 
Jika nantinya Menlu Retno benar-benar mengunjungi Afghanistan, maka kunjungan Menlu Retno ini akan menjadi yang bersejarah karena perdana setelah 61 tahun yang lalu. 
 
"Tujuannya untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Afghanistan ke Indonesia pada April tahun ini. Isu yang jadi perhatian pasti kerja sama menangkal terorisme," ucap dia.
 
"Lalu, Menlu Retno tentu ingin mendorong agar proses rekonsiliasi perdamaian Afghanistan tercapai," tegas Arrmanatha.
 
Hubungan Indonesia dan Afghanistan juga cukup unik di mana Indonesia dan Afghanistan juga melakukan dialog penjabaran nilai-nilai Islam antar umat dua negara.  
 
Indonesia juga banyak membantu rekonsiliasi pembangunan di Afghanistan. Walaupun nilai perdagangan dua negara terbilang kecil, hanya USD16 juta, namun Afghanistan dinilai termasuk sebuah negara yang potensial.



(FJR)