Menlu ke Rusia Bahas Kunjungan Vladimir Putin ke Indonesia

Sonya Michaella    •    Kamis, 08 Mar 2018 12:56 WIB
indonesia-rusia
Menlu ke Rusia Bahas Kunjungan Vladimir Putin ke Indonesia
Menlu Retno Marsudi saat menerima kunjungan dari Menlu Rusia Sergei Lavrov di Jakarta Agustus 2017 lalu (Foto: Antara).

Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan melakukan kunjungan kerja ke Rusia dan bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov untuk membahas tentang kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia.

Kunjungan ini akan dilaksanakan pada 12-13 Maret 2018, usai Menlu Retno menyambangi Singapura, dan merupakan kunjungan balasan dari kunjungan Lavrov ke Jakarta, Agustus 2017 lalu.

"Menlu (Retno) dan Menlu Rusia akan membahas persiapan kunjungan Vladimir Putin. Sampai saat ini belum ada waktu pasti, sedang dicarikan jadwal yang tepat dan cocok,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis 8 Maret 2018.
 
Selain itu, tak menutup kemungkinan bahwa situasi Ghouta Timur juga akan menjadi topik dalam pertemuan tersebut. Arrmanatha mengungkapkan, sudah menjadi hal biasa isu kawasan dan global dibahas di pertemuan bilateral.

"Tidak menutup kemungkinan kita akan bahas, karena selama ini kita juga selalu bahas isu-isu global seperti perdamaian Afghanistan, Rakhine, dan lainnya,” ucap dia.

Terkait dengan hubungan bilateral Indonesia-Rusia, Arrmanatha menambahkan bahwa Indonesia akan meminta fleksibilitas bebas visa bagi warga Indonesia ke Rusia.

“Warga kita yang ke Rusia cukup banyak. Tercatat, pada 2017 ada 12 ribu orang yang ke sana,” lanjutnya.

Di bidang ekonomi, neraca perdagangan kedua negara juga meningkat sebesar 20 persen dari 2016. Pada 2017, tercatat nilai perdagangan dua negara adalah USD2,5 miliar.


(FJR)