Trump: Jepang Bisa Tembak Jatuh Rudal Korea Utara

Arpan Rahman    •    Selasa, 07 Nov 2017 07:22 WIB
rudal korut
Trump: Jepang Bisa Tembak Jatuh Rudal Korea Utara
Presiden Dpnald Trump berjabat tangan dengan PM Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, Senin 6 November 2017. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Tokyo: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa Jepang dapat membidik rudal Korea Utara (Korut) dan menembakkan agar "jatuh dari langit" dengan peralatan militer yang dibeli dari AS.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut negaranya dapat menghancurkan rudal "jika memang diperlukan." Kedua pemimpin tersebut berbicara kepada wartawan pada saat akhir kunjungan kenegaraan Trump ke Jepang.

Korut telah melepaskan rudal balistik jarak jauh di wilayah Jepang dua kali dalam beberapa bulan terakhir.

Saat menjawab pertanyaan pada sebuah konferensi pers, Senin 6 November 2017, Trump mengatakan PM Abe "akan membeli sejumlah besar peralatan militer" dari AS.

Mengacu pada rudal Korut, dia mengatakan bahwa PM Abe bisa "menembaknya jatuh dari langit" saat Jepang menyelesaikan pembelian tersebut.

PM Abe menyebut Jepang harus "secara kualitatif dan kuantitatif" meningkatkan kemampuan pertahanannya, mengingat situasi saat ini dengan Korut.

Dia menekankan, pertahanan rudal didasarkan pada "kerja sama legal" antara Jepang dengan AS. "Menembak jatuh rudal, jika memang diperlukan, tentu saja kita dapat melakukan itu," serunya, seperti dinukil BBC.

Tidak jelas apakah kesepakatan militer sudah ditandatangani selama perjalanan Trump. Namun kedua negara tersebut merupakan sekutu militer dekat.

Kedua pemimpin itu juga menegaskan kembali hubungan mereka dan berjanji untuk "melawan ancaman Korut."

Trump mengunjungi Jepang sebagai bagian dari tur pertamanya di Asia sebagai presiden AS.

Dalam kunjungannya, Trump menyambangi sebuah pangkalan udara AS di dekat Tokyo dan bertemu dengan para pemimpin bisnis. Trump akan mengunjungi Korea Selatan, Tiongkok, Vietnam, dan Filipina sepanjang pekan ini.+-


(WIL)