Badai Matthew Menerjang, Obama Tetapkan Status Darurat di Georgia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 07 Oct 2016 11:40 WIB
badai matthew
Badai Matthew Menerjang, Obama Tetapkan Status Darurat di Georgia
Badai Matthew mulai mendekati wilayah AS (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Georgia: Setelah menetapkan status darurat di Florida dan South Carolina, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama juga menerapkan status serupa di Georgia.
 
Penerapan status darurat di Georgia ini dikeluarkan pada Kamis 6 Oktober waktu setempat, atau Jumat 7 Oktober waktu Indonesia. Serupa dengan Florida dan South Carolina, status ini memudahkan bantuan federal digelontorkan ke wilayah terkena imbas badai.
 
Presiden Obama kemudian memerintahkan bantuan federal dikirim ke negara bagian yang membutuhkan. Selain itu Obama juga memberikan otorisasi kepada Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Badan Manajemen Darurat Federal untuk melakukan koordinasi bantuan bencana saat Badai Matthew menghantam pesisir AS. Demikian diberitakan AFP, Jumat (7/10/2016).


Kondisi pesisir pantai AS, jelang Badai Matthew menerpa (Foto: AFP)
 
 
Evakuasi dilakukan jelang Badai Matthew menghantam
 
 
Warga Palm Beach segera mempersiapkan evakuasi dengan memasang papan di pintu rumah mereka. Seorang warga menyebutkan, lebih banyak orang tinggal dan berlindung di rumah daripada meninggalkan rumah.
 
Saat ini, korban tewas akibat Badai Matthew sudah mencapai 339 orang di Haiti. Badai dengan kategori 4 ini sudah menghancurkan sejumlah wilayah di Amerika, seperti Kuba, Haiti, Republik Dominika dan Bahama.
 
KJRI Houston terus pantau pergerakan WNI
 
Warga negara Indonesia (WNI) juga terus dipantau pergerakannya oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston. Pihak KJRI saat ini mengatakan belum ada laporan WNI yang menjadi korban.
 
Konjen RI di Houston, Henk Edward Saroinsong menegaskan bahwa KJRI Houston di Texas terus memantau WNI yang berada di Florida dan Georgia.


Persiapan warga AS hadapi Badai Matthew (Foto: AFP)
 
 
"Kami terus mengontak WNI di Florida dan Georgia karena diperkirakan Badai Matthew akan menuju ke dua wilayah tersebut," ujar Edward, kepada Metrotvnews.com, Jumat (7/10/2016).
 
"Untuk saat ini, belum ada laporan WNI jadi korban bencana alam ini. Saya berharap tidak ada," tuturnya.
 
Ia juga mengimbau agar para WNI di dua wilayah tersebut tetap memperhatikan instruksi dan senantiasa siaga dalam merespons arahan dari pihak berwenang. Untuk keluarga di Indonesia yang ingin memperoleh kabar terbaru terkait kondisi keluarga atau sanak saudaranya, agar menghubungi Hotline KJRI Houston di +1 346-932-7284.

 
 



(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA