Diinvestigasi soal Rusia, Wapres AS Sewa Pengacara

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Jun 2017 08:51 WIB
as-rusiapemerintahan as
Diinvestigasi soal Rusia, Wapres AS Sewa Pengacara
Wapres AS Mike Pence menyewa seorang pengacara untuk menghadapi Kongres AS. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Washington: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence telah menyewa seorang pengacara untuk membantunya menghadapi penyelidikan Kongres terhadap dugaan hubungan tim kampanye Presiden Donald Trump dan Rusia pada pemilu tahun lalu.

"Wapres memfokuskan seluruh tugasnya dan mempromosikan agenda Presiden. Ia berharap dapat segera menyelesaikan masalah ini," tegas juru bicara Pence, Jarrod Agen, dikutip Reuters, Sabtu 17 Juni 2017.

Pence dikabarkan menyewa Richard Cullen yang merupakan ketua firma hukum McGuireWoods untuk menghadapi pertanyaan dari Robert Mueller, eks Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) yang ditunjuk untuk menyelidiki kasus ini.

Cullen diketahui adalah pengusaha tersohor yang kerap membela kasus yang membelit sejumlah pejabat pemerintah dan pejabat tinggi lainnya.

Cullen merupakan mantan jaksa federal yang memiliki hubungan dekat dengan mantan direktur FBI, James Comey. Padahal, Trump baru saja memecat Comey di saat Comey sedang menyelidiki kasus hubungan tim kampanye Trump dan Rusia.

Sejak Trump menjabat sebagai orang nomor satu di Amerika, isu campur tangan Rusia yang berhasil memenangkannya terus mengikuti Trump sampai sekarang.

Komunitas intelijen AS, seperti CIA, bahkan telah menyimpulkan bahwa Rusia memang mencampuri pemilu 2016 lalu untuk memenangkan Trump.

Sementara, Kongres AS memerintahkan Mueller untuk menelusuri orang-orang terdekat Trump apakah pernah melakukan komunikasi atau bisnis dengan pejabat Rusia, atau pihak lain yang berhubungan dengan Rusia.

Suami Ivanka Trump, Jared Kushner juga dikabarkan akan diselidiki terkait ada atau tidaknya hubungan keuangan Kushner dengan Moskow.


(FJR)

Waspadai Infiltrasi Ideologi

Waspadai Infiltrasi Ideologi

3 hours Ago

Infiltrasi ideologi merupakan ancaman di balik cepatnya perkembangan teknologi. Namun pendekatan…

BERITA LAINNYA