Kerja Sama Ekonomi Jadi Fokus Kunjungan Wapres AS ke RI

Sonya Michaella    •    Kamis, 20 Apr 2017 04:33 WIB
amerika serikat
Kerja Sama Ekonomi Jadi Fokus Kunjungan Wapres AS ke RI
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi - MTVN/Sonya Michaella,

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi membeberkan sejumlah fokus kunjungan kerja Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence ke Indonesia. Salah satunya kerja sama ekonomi. 

"Sebelumnya, kita sudah punya kemitraan strategis dengan AS. Kemitraan strategis ini menuntun kerja sama kita dalam hubungan bilateral. Kerja sama ekonomi dan energi menjadi yang penting," kata Retno ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma usai menerima kedatangan Pence, Rabu 19 April 2017 malam. 

Retno menyebut, energi merupakan salah satu bidang yang cukup strategis dalam hubungan Indonesia-AS. Pemerintah Indonesia bakal mempertemukan Pence dengan para pebisnis pada Jumat, 21 April 2017 untuk membahas kerja sama energi itu. 

"Dalam pertemuan bisnis nanti mungkin akan dibahas cara pengelolaan limbah menjadi tenaga listrik," beber dia.

Ada sejumlah kerja sama lain yang diharapkan dapat terjadi antara pemerintah AS dan pebisnis Indonesia. Namun, Retno belum mau merinci. 

"Fokus ke energi cukup banyak, ya itu salah satunya pengelolaan limbah," pungkas Menlu Retno.

Pertemuan dilakukan sebelum Pence mengakhiri kunjungan kerjanya dan melanjutkan kunjungan ke Australia. 
Pence tiba di Jakarta Rabu, 19 April 2017 sekitar pukul 23.25 WIB. Ia langsung terbang ke Jakarta setelah menyelesaikan kunjungannya di Jepang sekitar pukul 4.45 waktu Jepang.

Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara dan negara berpenduduk mayoritas Muslim yang dikunjungi Pence di tengah sentimen Presiden Donald Trump terhadap Islam.


(REN)