Sejak 2015, 1 Juta Imigran Gelap Diberikan SIM di California

Arpan Rahman    •    Jumat, 06 Apr 2018 09:30 WIB
amerika serikatimigran gelap
Sejak 2015, 1 Juta Imigran Gelap Diberikan SIM di California
Imigran gelap diberikan surat izin mengemudi di California sejak 2015 (Foto: AFP).

California: Lebih dari 1 juta imigran tidak berdokumen telah diberikan SIM di California. Tepatnya sejak undang-undang negara bagian 2015 untuk tujuan itu mulai berlaku, menurut data Dinas Kendaraan Bermotor (DMV).
 
Undang-undang AB 60, juga dikenal sebagai Undang-Undang Pengemudi yang Aman dan Bertanggung Jawab, telah "secara dramatis meningkatkan kehidupan satu juta imigran dan keluarga mereka," kata Luis Alejo, mantan anggota parlemen yang menulis RUU itu, dalam sebuah pernyataan kepada Sacramento Bee.
 
"Imigran diuji, dilisensikan, dan diasuransikan, dan ini membuat jalan kita lebih aman bagi semua orang," kata Alejo, yang sekarang menjadi pengawas Monterey County, seperti dikutip UPI, Jumat 6 April 2018.
 
Tonggak sejarah, yang terjadi 31 Maret, muncul di tengah perseteruan atas undang-undang imigrasi antara negara dan pemerintah federal. Beberapa anggota parlemen lokal di California berpihak pada Departemen Kehakiman.
 
Meskipun terpecah atas bagaimana menangani populasi imigran tanpa dokumen California, pakar keamanan publik berpendapat bahwa pemberian lisensi mengemudi kepada orang-orang yang tinggal di negara itu secara ilegal sudah meningkatkan keselamatan jalan, Mercury News melaporkan.
 
Menurut studi 2017 oleh Laboratorium Kebijakan Imigrasi Universitas Stanford, selama tahun pertama setelah AB 60 dilaksanakan, terjadi pengurangan 10 persen dalam kecelakaan tabrak lari -- sekitar 4.000 lebih sedikit -- yang menghasilkan USD3.5 juta penghematan di luar biaya pengeluaran untuk supir.
 
Undang-undang juga menyebabkan lebih sedikit driver yang tidak diasuransikan, dengan USD17 juta dalam biaya kecelakaan ditransfer ke perusahaan asuransi pengemudi yan berbuat kesalahan.
 
"Bayangkan satu juta konsumen baru yang membeli asuransi mobil, membeli kendaraan baru atau bekas, dan menyewa mobil," kata Gina Gates, yang memimpin lokakarya AB 60, kepada Mercury News. "Ini merupakan anugerah ekonomi bagi California dalam miliaran dolar," cetusnya.
 
Imigran yang tidak terdokumentasi dulunya dapat memperoleh SIM di negara bagian mana pun hingga 1993, ketika California menjadi yang pertama membatasi akses, menurut Sacramento Bee.
 
Negara-negara lain mengikutinya dan sekarang hanya 12 negara bagian, serta Washington, D.C. dan Puerto Rico, yang memungkinkan imigran gelap mendapatkan SIM.


(FJR)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA