AS Tidak Beri Tenggat Waktu untuk Denuklirisasi Korut

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 26 Jun 2018 12:48 WIB
korea utaraAmerika Serikat-Korea Utara
AS Tidak Beri Tenggat Waktu untuk Denuklirisasi Korut
Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP/Getty/WIN MCNAME)

Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan tidak memasang tenggat waktu dalam negosiasi denuklirisasi Korea Utara (Korut). Pernyataan tersebut berbeda dengan ucapan pejabat senior AS yang menyatakan ada batas waktu untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Saya tidak akan memberi batasan waktu, apakah itu dua bulan, enam bulan, kami berkomitmen untuk maju dalam waktu cepat untuk melihat apakah dapat mencapai keinginan kedua pemimpin kita," ucap Pompeo dalam wawancara bersama CNN, dikutip dari Channel News Asia, Selasa 26 Juni 2018.

Pompeo mengatakan ingin melihat kemajuan lanjutan denuklirisasi Korut. Dia menambahkan pemerintah akan terus menilai keseriusan Pyongyang meninggalkan program nuklir mereka.

Menlu AS tersebut dituding melakukan perundingan-perundingan penting yang bertujuan membujuk Korut menghentikan program senjata nuklir mereka. 

Tidak menampik tudingan tersebut, Pompeo malah mengatakan akan terus mengkaji kembali kemjuan yang dibuat untuk melanjutkan pembicaraan.

"Kami harap proses berkelanjutan bisa segera terjadi untuk membuat kemajuan dari pertemuan kedua pemimpin," tukasnya.

Sebelumnya, seorang pejabat senior menuturkan Washington akan memberikan batas waktu ke Korut dengan syarat khusus. Pernyataan itu disampaikan jelang tur Asia yang dilakukan Menteri Pertahanan James Mattis.



(WIL)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

42 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA