Hendak Diluncurkan, Roket NASA Meledak

Fajar Nugraha    •    Rabu, 29 Oct 2014 06:30 WIB
roket
Hendak Diluncurkan, Roket NASA Meledak
Roket NASA yang meledak saat hendak diluncurkan (Fot o: CNN)

Metrotvnews.com, Virginia: Sebuah roket milik NASA meledak di fasilitas peluncuran. Tidak ada korban tewas dalam kejadian ini.

Peristiwa ini berlangsung di Fasilitas Peluncuran Wallops, Virginia. Roket itu dijadwalkan untuk diluncurkan pada Selasa (28/10/2014) pukul 6.22 sore, waktu setempat.

Menurut NASA roket itu dioperasikan oleh the Orbital Sciences Corp.'s. Roket bernama Antares ini juga dioperasikan bersama perusahaan kargo, Cygnus.

Rencananya roket akan membawa 2.267 kg perlengkapan eksperimen dan pasokan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Ada kegagalan saat peluncuran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian," ujar Juru Bicara Jay Bolden, seperti dikutip CNN, Rabu (29/10/2014).

"Kerusakan signifikan dilaporkan tampak di lokasi peluncuran dan roket itu sendiri. Saat ini, pusat kendali misi mencoba untuk menyelidiki apa yang salah," imbuhnya.

Menurut NASA, peluncuran pada dasarnya dijadwalkan pada Senin (27/102/2014). Namun ada sebuah kapal kecil yang berada tidak jauh dari sungai dekat peluncuran pesawat, akan terhembus saat Roket Antares meluncur.

Sementara menjelang peluncuran Selasa, pihak bandara melaporkan 100 persen cuaca sangat mendukung. Selain itu tidak ada kekhawatiran dalam bidang teknis.


(FJR)