Pihak Boeing Siap Bantu Penyelidikan Insiden Lion Air

Fajar Nugraha    •    Senin, 29 Oct 2018 12:45 WIB
Lion Air Jatuh
Pihak Boeing Siap Bantu Penyelidikan Insiden Lion Air
Sebuah pesawat Boeing 737 Max-8 milik Lion Air yang terparkir di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Lion Group/Boeing).

Seattle: Boeing sebagai manufaktur pesawat yang digunakan oleh Lion Air, mengeluarkan pernyataan resmi terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT610. Pesawat yang jatuh ini baru saja dikirim ke Lion Air Agustus 2018.
 
Baca juga: Basarnas Temukan Puing Pesawat di Perairan Karawang.
 
"Pihak Kementerian Perhubungan Indonesia sudah memberikan konfirmasi lokasi puing pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610. Sebuah pesawat (Boeing) 737 MAX 8 dalam perjalanan dari Jakarta ke Pangkal Pinang," pernyataan resmi Boeing, yang dikutip Medcom.id, Senin, 29 Oktober 2018.
 
"Boeing Company menyatakan berduka cita atas insiden JT610. Kami mengucapkan belasungkawa untuk penumpang dan simpati kepada keluarga korban," tutur pernyataan itu.
 
Melalui pernyataan itu, pihak Boeing siap untuk memberikan bantuan teknis dalam penyelidikan kecelakaan ini. Berdasarkan protokol internasional, semua proses penyelidikan kecelakaan harus diajukan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Indonesia.
 
Baca juga: Pilot Sempat Minta Pesawat Kembali ke Bandara Soetta.
 
Berdasarkan keterangan dari KNKT pesawat ini diketahui memiliki teknologi penerbangan terbaru. Sementara dalam keterangannya kepada wartawan, Kepala Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Muhammad Syaugi menyatakan pihaknya menemukan berbagai benda dari pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang itu di permukaan air.
 
Adapun penumpang dari pesawat ini diketahui 188 orang. Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Dirjen Perhubungan Udara Sindu Rahayu memaparkan pesawat membawa 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dan dua bayi dengan dua pilot dan lima flight attendant (FA).


(FJR)