Kebakaran Hanguskan 100 Rumah di Chili

Sonya Michaella    •    Selasa, 03 Jan 2017 10:05 WIB
red hot chili pepperskebakaran lahan dan hutan
Kebakaran Hanguskan 100 Rumah di Chili
Kebakaran di Chili (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Santiago: Kebakaran hebat menghanguskan sekitar 100 rumah dan membuat lebih dari 400 orang terpaksa dievakuasi serta menyebabkan polusi udara di Valparaiso, Chili, Amerika Selatan.

Menteri Dalam Negeri Chili, Mahmud Aleuy mengatakan 19 orang terluka akibat kejadian ini, 16 di antaranya menderita masalah pernapasan akut. Jaringan listrik pun terpaksa diputus, namun beberapa sudah tersambung kembali.

Dilansir Reuters, Selasa (3/1/2017), puluhan pemadam kebakaran di Valparaiso dan petugas penyelamat bekerja sama untuk memadamkan kebakaran ini. Penyelidikan pun sudah dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Sejumlah foto di media sosial menunjukkan asap coklat membubung tinggi dari salah satu bukit dan terus memenuhi kota. Salah satu rekaman pun menunjukkan asap mulai bergerak ke langit di atas Samudera Pasifik.

"Angin kencang bisa membuat kobaran api semakin besar dan bisa berjatuhan korban," ucap salah satu pemadam kebakaran.

Aleuy mengatakan, kebakaran ini disebabkan oleh kekeringan parah yang melanda Chili beberapa bulan belakangan. Sementara, evakuasi pun sudah dilakukan di ibu kota Santiago. Hal ini mencegah kobaran api bisa sampai ke ibu kota, karena letak Valparaiso tak jauh dari Santiago.

"Sejauh ini, evakuasi berhasil dan tak ada korban tewas. Kami berharap api segera cepat padam," tutur Aleuy.

Valparaiso, sebuah kota pelabuhan, adalah distrik perkotaan terbesar kedua di Chili setelah Santiago. Berdiri di lereng bukit yang curam di daerah tumbuhnya pinus, banyak struktur bangunan di Valparaiso yang rentan kebakaran, terutama di lingkungan miskin di perbukitan.

Pada 2014, kebakaran besar pun menewaskan 13 warga dan membakar lebih dari 2.000 rumah. Sementara, kebakaran kecil sudah sering melanda kota ini.


(FJR)