Sopir Bus Ugal-ugalan di Haiti Tewaskan 38 Orang

Willy Haryono    •    Senin, 13 Mar 2017 11:56 WIB
kecelakaan bus
Sopir Bus Ugal-ugalan di Haiti Tewaskan 38 Orang
Mobil terbalik akibat ditabrak bus yang dikemudikan sopir ugal-ugalan di Gonaives, Haiti, 12 Maret 2017 . (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)

Metrotvnews.com, Gonaives: Seorang sopir yang mengemudikan bus secara ugal-ugalan menabrak kerumunan orang dan menewaskan 38 dari mereka di Haiti utara, Minggu 12 Maret 2017. 

Sedikitnya 13 orang lainnya terluka dalam kejadian di Gonaives, kota berpopulasi 300 ribu orang sekitar 150 kilometer dari ibu kota Port-au-Prince. 

"Kami sedang bermain musik, sedang bersenang-senang. Kemudian ada bus datang dan menabrak orang-orang," ujar Jean-Renald Edouard, seorang musisi jalanan, yang terbaring di rumah sakit, seperti dikutip AFP

"Dia (sopir) menabrak saya, dan saya terjatuh sangat keras hingga tak sadarkan diri," sambung dia, yang kekasihnya juga bernasib serupa. 

Menurut Marie-Alta Jean Baptiste dari Badan Perlindungan Sipil Haiti, peristiwa bermula saat sopir bus menabrak dua pejalan kaki. Satu dari korban meninggal dunia. 

Karena takut diamuk massa, sopir memacu busnya dalam kecepatan tinggi dan menabrak tiga grup musisi jalanan. Jumlah korban luka awalnya hanya 17, namun empat dari mereka meninggal dunia di rumah sakit. 

Polisi berusaha keras menenangkan masyarakat yang ingin menghabisi pelaku. "Masyarakat yang buka korban mencoba membakar bus dengan banyak penumpang di dalamnya," tutur Fustin Joseph, koordinator perlindungan sipil di Artibonite.

The Blue Sky, perusahaan bus yang menawarkan jasa transportasi jarak jauh, adalah pilihan warga Haiti untuk bepergian dalam kendaraan modern dan nyaman. Sebagian besar warga Haiti bepergian dengan bus sekolah bekas asal Amerika Serikat. 

Otoritas awalnya mengklaim telah menangkap pelaku, namun pada kenyataannya dia melarikan diri. Saat ini petugas masih berusaha mengidentifikasi pelaku.


(WIL)