Putra Trump Bandingkan Pengungsi Suriah dengan Permen Asam

Fajar Nugraha    •    Selasa, 20 Sep 2016 16:00 WIB
pemilu as
Putra Trump Bandingkan Pengungsi Suriah dengan Permen Asam
Analogi permen dan pengungsi dari putra Donald Trump (Foto: Mirror/Twitter)

Metrotvnews.com, New York: Sepertinya tingkah Donald Trump turun ke putranya, Donald Trump Jr. Kali ini Trump Jr, menuai kontroversi dengan membandingkan pengungsi Suriah dengan permen asam.
 
Sontak, perbandingan yang dilontak Donald Trump Jr memicu kemarahan karena menilai pengungsi seperti permen (asam) 'Skittles' yang diumpamakannya bisa membunuh.
 
"Jika saya punya semangkuk (permen asam) skittles dan hanya mengonsumsinya tiga butir bisa membunuh kalian, apa kalian akan memakannya?," tanya Trump Jr, melalui akun Twitter miliknya, seperti dikutip AFP, Selasa (20/9/2016).
 
"Seperti inilah masalah pengungsi Suriah untuk kita," anggapan Trump Jr.
 
Pendapat Trump Jr itu disertai semangkuk permen Skittles dan slogan kampanye dari ayahnya "Make America Great Again!".
 
Kemudian perbandingan dari Trump Jr itu disertai dengan ucapan: "Foto itu mewakili segalanya. Mari akhiri agenda politik yang tidak mengutamakan Amerika".


Kehancuran di Suriah akibat perang (Foto: AFP)

 
Segera pendapat dari putra miliuner properti itu pun mengundang kontroversi. Termasuk dari mantan anggota kongres dari Partai Republik Joe Walsh, yang menyebutkan Trump Jr mengulang pernyataan yang dikeluarkannya pekan lalu.
 
Selain itu banyak warga lain yang mengecam ucapan ini. Mereka juga menyertakan foto Omran Daqneesh yang terekam video selamat dari serangan udara di Aleppo Agustus lalu.
 
Sementara Wakil Presiden Wrigleys Americas Denise Young, yang memproduksi permen ini memberikan pernyataan atas nama perusahaan itu.
 
"Skittles adalah permen. Pengungsi adalah manusia. Kami merasa ini bukan analogi yang tepat," tegas Young.

(FJR)