Gedung Putih dan Kemenlu AS Tampik Rumor Tillerson Dipecat

Sonya Michaella    •    Jumat, 01 Dec 2017 10:02 WIB
donald trumppemerintahan as
Gedung Putih dan Kemenlu AS Tampik Rumor Tillerson Dipecat
Menlu AS Rex Tillerson (kiri) dan Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi bahwa tidak ada rencana Presiden AS Donald Trump untuk mengganti Menteri Luar Negeri Rex Tillerson.

Baru saja, kabar ini mencuat kencang yang menyebutkan Direktur CIA Mike Pompeo akan menggantikan posisi Tillerson sebagai Menlu AS.

"Kepala Staf Gedung Putih sudah menelepon Kemenlu AS dan mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar," kata Juru Bicara Kemenlu AS, Heather Nauert, dikutip dari Guardian, Jumat 1 Desember 2017.

"Tillerson tetap di sini. Berkomitmen untuk melakukan pekerjaan ini. Ia melayani Presiden. Ini adalah pekerjaan yang dia sukai," ungkap Nauert. 

Di Gedung Putih, para wartawan pun ramai menunggu pernyataan resmi dari Trump soal pemecatan Tillerson ini. Namun, Trump hanya menjawab singkat.

"Dia di sini. Tillerson di sini," tegas Trump.

Pencopotan Tillerson dari jabatan menteri luar negeri sudah menjadi desas-desus lama. Pertentangan antara Tillerson dan Trump meningkat pada masalah-masalah seperti Korea Utara, juga tekanan menyangkut rencana pemangkasan anggaran Kemenlu AS. 

Tillerson pada Oktober secara tertutup dikabarkan menyebut Trump sebagai orang 'tolol'. Namun, kabar itu ditepis oleh Tillerson. 

Kabar itu disusul dengan cuitan Trump yang mengatakan Tillerson tidak usah menghabiskan waktunya untuk berupaya berunding dengan Korea Utara menyangkut program nuklir dan rudal negara itu.



(FJR)