Hadapi Badai Irma, Trump Umumkan Status Darurat di Florida

Sonya Michaella    •    Rabu, 06 Sep 2017 09:23 WIB
topan badai
Hadapi Badai Irma, Trump Umumkan Status Darurat di Florida
Warga Miami Utara mulai mengantre bahan makanan untuk persiapan menghadapi badai. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Akibat ancaman Badai Irma, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan keadaan darurat di Florida, Puerto Riko dan Kepulauan Virgin.

Trump juga memberikan wewenang kepada Kementerian Dalam Negeri dan Badan Federal Darurat untuk mengkoordinasikan semua upaya bantuan bencana.

"Tindakan ini akan membantu meringankan penderitaan yang mungkin timbul karena Badai Irma. Bantuan juga akan diberikan sesuai kondisi darurat," kata Trump dalam pernyataannya yang dirilis Gedung Putih, seperti dikutip AFP, Rabu 6 September 2017.

Saat ini, Badai Irma dikategorikan menjadi Kategori 4 di mana cukup berbahaya dan kuat. Badai Irma yang bergerak cepat juga mengancam Pantai Timur dan Florida. 

Badai Irma diperkirakan akan menguat dalam 48 jam ke depan dan secara langsung dapat mempengaruhi Bahama dan Kuba.

Sebagai persiapan, Pemerintah Puerto Riko dengan cepat mengumumkan keadaan darurat dan mengaktifkan Garda Nasional.

Pulau yang berpenduduk sekitar 3,4 juta orang ini sudah memiliki 456 tempat penampungan darurat yang disiapkan untuk menampung sekitar 62 ribu orang.

Untuk membantu warga bersiap menghadapi badai, Puerto Riko juga mengaktifkan pembekuan harga pada kebutuhan dasar, termasuk makanan dan air, obat-obatan, generator listrik dan baterai.





(WIL)