Sekitar 1.500 Penerbangan di AS Dibatalkan akibat Badai Salju

Willy Haryono    •    Sabtu, 10 Feb 2018 13:00 WIB
penerbangan duniabadai salju
Sekitar 1.500 Penerbangan di AS Dibatalkan akibat Badai Salju
Aktivitas di Bandara Internasional O Hare di Chicago, AS, 30 November 2017. (Foto: AFP

Washington: Badai musim dingin yang membawa hujan salju di beberapa bagian Midwest Amerika Serikat (AS), Jumat 9 Februari 2018, membuat sekitar 1.500 penerbangan komersil dibatalkan. 

Guyuran salju juga membuat beberapa ruas jalan di Midwest tidak bisa dilewati, dan memicu penutupan sejumlah sekolah.

"Salju akan terus turun dari area Chicago hingga ke Detroit sepanjang Jumat ini," ujar Badan Cuaca Nasional AS, seperti dilansir AFP

Beberapa sekolah di Chicago dan Detroit ditutup. Kecelakaan yang melibatkan beberapa kecelakaan juga dilaporkan terjadi dari kedua kota tersebut. 

Ribuan penerbangan dibatalkan karena terlalu berbahaya -- termasuk di Chicago O'Hare yang merupakan salah satu bandara tersibuk di Negeri Paman Sam. 

Chicago dan Detroit diprediksi menerima guyuran salju dengan ketebalan hingga 23 sentimeter. Tingkat guyuran salju rata-rata di dua kota tersebut adalah lebih dari satu inci per jam.

Sejumlah maskapai mengingatkan potensi pembatalan di beberapa bandara Chicago dan Detroit. 

"Hujan salju akan lebih turun lebih banyak hari ini, besok dan Minggu besok bila dibandingkan dengan beberapa musim dingin sebelumnya," kata Wali Kota Chicago Rahm Emanuel. 

Otoritas kota Windy City di pinggiran Chicago mengatakan pihaknya sudah menyiapkan diri, dengan menyiagakan 300 kendaraan penyapu salju di beberapa titik. 

Badai salju kini tengah bergerak ke arah timur, dan diprediksi mencapai New York serta New England pada Sabtu ini.


(WIL)