Debat Cawapres AS 2016

Trump Klaim Pence Menang Besar Melawan Kaine

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Oct 2016 11:08 WIB
pemilu as
Trump Klaim Pence Menang Besar Melawan Kaine
Mike Pence (kanan) dan Tim Kaine dalam debat cawapres AS di Longwood University, Virginia, AS, 4 Oktober 2016. (Foto: AFP/CHIP SOMODEVILLA)

Metrotvnews.com, Virginia: Donald Trump mengklaim pasangannya dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, menang besar dalam debat melawan Tim Kaine. Trump menilai Pence lebih mendominasi jalannya debat. 

Debat perdana cawapres AS digelar di Longwood University, Virginia, AS, Selasa (4/10/2016). 

"Mike Pence menang besar. Kita semua harus bangga terhadap dirinya," tulis Trump di akun Twitter


  Jalannya debat didominasi serangan Kaine terhadap beberapa kontroversi Trump dan bantahannya dari Pence. Salah satu serangan dari kubu Partai Demokrat adalah mengenai laporan pajak Trump yang dirilis surat kabar The New York Times. Disebutkan bahwa Trump merugi besar pada 1995, sehingga bisa menghindari kewajiban membayar pajak selama 18 tahun. 

Serangan lainnya yang dilancarkan Kaine terhadap Pence dari Partai Republik adalah mengenai Rusia. Kaine menyebut tidak seharusnya Trump memuji Presiden Rusia Vladimir Putin. Pence membantah Trump pernah berkata seperti itu. Padahal faktanya, Trump pernah mengatakan Putin lebih kuat dari Obama dalam sebuah wawancara televisi pada awal September.

Pence juga pernah berkata serupa, bahwa Putin lebih kuat dari Obama, namun dalam konteks kediktatoran, bukan kepemimpinan. Kaine menyinggung ucapan tersebut, yang juga dibantah Pence. 

Bantahan lainnya adalah mengenai aborsi. Trump pernah berkata bahwa dirinya mewacanakan adanya semacam hukuman terhadap wanita yang mengaborsi bayinya. Pence menegaskan baik ia dan Trump menentang keras rencana tersebut. 

Satu-satunya yang disepakati kedua kandidat adalah mengenai penegakan hukum di AS. Kaine dan Pence setuju harus ada semacam kebijakan yang mendorong terjalinnya hubungan baik antara aparat penegak hukum dengan pemerintah. 

 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA