Presiden Obama Nyatakan Badai Matthew Kasus Serius

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 06 Oct 2016 08:08 WIB
topan badai
Presiden Obama Nyatakan Badai Matthew Kasus Serius
Ilustrasi kerusakan akibat topan Matthew. Foto: AFP/Jon Durr/ Getty Images North America

Metrotvnews.com, Amerika: Badai Matthew mulai bergerak ke arah Timur Pantai Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat sudah meminta ratusan ribu orang di Florida dan Selatan Carolina untuk dievakuasi.

"Karena ini adalah badai yang serius," kata Presiden Amerika Serikat, Barack Obama seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/10/2016).

Laporan yang diterima, warga Kota Charleston, Carolina Selatan sudah mengungsikan diri. Hal ini dilakukan mengingat Badai Matthew sudah melewati Haiti. Haiti rusak parah dan sedikitnya dua orang meninggal.

Tak hanya Haiti, badai ini juga menghantam Kuba. Laporan terakhir keadaan daerah Kuba tak separah yang dialami Haiti. Namun salah satu kota di Kuba, Baracoa dihantam badai tersebut. Banyak rumah yang hancur dan puing-puing yang berserakan di jalan.

Badai Matthew menelan korban pertamanya usai melanda sejumlah negara di Kepulauan Karibia. Badai ini disebut-sebut sebagai yang terkuat sejak hampir satu dekade terakhir.

Menurut laporan Badan Perlindungan Warga Sipil Haiti, Senin (3/10/2016), seorang nelayan tewas tenggelam akibat imbas Matthew, dan satu lainnya masih dinyatakan hilang di pesisir selatan.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) memprediksi Matthew dapat melanda pesisir timur Negeri Paman Sam pada pertengahan pekan ini. Negara bagian Florida dan beberapa titik di North Carolina telah mendeklarasikan status darurat.

 


(MBM)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA