Terjangkit Virus Misterius, Kanada Tarik Diplomat dari Kuba

Sonya Michaella    •    Selasa, 17 Apr 2018 13:49 WIB
Serangan Torontokuba
Terjangkit Virus Misterius, Kanada Tarik Diplomat dari Kuba
Lambang bendera Kanada. (Foto: theflagstore)

Ottawa: Kanada akan memulangkan beberapa diplomat beserta keluarganya dari Kuba karena terserang penyakit misterius. Penelitian terkait penyakit ini pun sudah berjalan setahun, namun tak membuahkan hasil.

Saat ini, jumlah diplomat dan anggota keluarganya yang terserang penyakit tersebut menjadi 10 orang. Sementara, 27 orang lainnya sedang diperiksa.

"Penyebab penyakit belum diketahui tapi bisa jadi karena buatan manusia," sebut pernyataan Pemerintah Kanada, dikutip dari AFP, Selasa 17 April 2018.

Penyakit misterius ini juga sempat menyerang diplomat Amerika Serikat di Havana pada akhir 2017. Gejala yang dirasakan adalah pusing, sakit kepala dan mual.

"Rencana akan disusun untuk mendukung staf diplomatik dan keluarga mereka kembali ke Kanada dalam beberapa pekan ke depan," tambah pernyataan itu.

Ottawa juga menyebutkan bahwa insiden ini tidak akan memengaruhi kegiatan operasional kedutaan besar dan akan tetap berjalan seperti biasa.

Diplomat Kanada di Kuba yang terserang gejala penyakit ini bekerja dalam bidang urusan global, imigrasi, dan staf pertahanan nasional.



(WIL)