Kelompok Persahabatan Parlemen RI-Meksiko Resmi Dibentuk

   •    Rabu, 05 Oct 2016 11:43 WIB
indonesia-meksiko
Kelompok Persahabatan Parlemen RI-Meksiko Resmi Dibentuk
Peresmian Kelompok Persahabatan Parlemen Indonesia-Meksiko di Meksiko, 28 September 2016. (Foto: KBRI Mexico City)

Metrotvnews.com, Mexico City: Bertempat di Camara de Diputados (Dewan Perwakilan Rakyat Meksiko), Kelompok Persahabatan Antar Parlemen (Grupo de Amistad) antara Meksiko dengan Indonesia dalam periode legislatif ke-63 (2016-2019) diresmikan.

Acara dihadiri ketua dan anggota Grupo de Amistad serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Meksiko (SRE) dan Duta Besar RI untuk Meksiko. Turut hadir Wakil Ketua DPR Republik Indonesia, Dr. H. Fadli Zon, S.S., M.Sc., yang tengah melakukan lawatan kerja ke Meksiko hingga 30 September bersama anggota DPR RI lainnya, yaitu Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, Rieke Diah Pitaloka, M. Hum., Dwie Aroem Hadiatie, S.I.Kom., dan Drs. H.M. Syaiful Bahri Anshori, M.P. 

Wakil Ketua DPR RI menyampaikan ucapan selamat dan berharap hubungan kerja sama antar parlemen kedua negara dapat terus meningkat. Ia juga mengundang segenap anggota Grupo de Amistad untuk berkunjung ke Parlemen Indonesia.  

"Pembentukan Kelompok Persahabatan Antar Parlemen Indonesia dan Meksiko tentunya akan semakin menguatkan dialog politik antara parlemen kedua negara. Melalui Kelompok Persahabatan ini, kerja sama antar parlemen, di antaranya melalui kegiatan saling kunjung dalam rangka pertukaran pengalaman dan informasi, akan semakin intens dan meningkat," ujar Dubes RI untuk Meksiko, Yusra Khan, dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (5/10/2016).  

"Kelompok Persahabatan ini tentunya akan memberikan sumbangsih yang berharga dalam rangka merumuskan berbagai legislasi yang mendukung penguatan hubungan bilateral yang saling menguntungkan. Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan legislator dalam mendorong peningkatan hubungan diplomatik kedua negara," sambung dia. 

Selain itu, Dubes Yusra juga menyampaikan hal-hal terkait kemajuan hubungan Indonesia-Meksiko hingga 2016, yang sangat erat dan produktif serta dilandasi berbagai perjanjian bilateral. Hubungan kedua negara juga diperkuat interaksi intensif antar parlemen, pengusaha, akademisi dan warga. 

Dubes Yusra mengemukakan mengenai pembentukan kemitraan komprehensif dalam kerangka Rencana Aksi 2015-2020 yang diharapkan dapat membawa hubungan kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi di berbagai bidang kerja sama. Dalam kaitan ini Dubes RI menghimbau dukungan parlemen kedua negara untuk memperkaya hubungan diplomatik yang telah erat terjalin tersebut, melalui Grupo de Amistad yang baru dibentuk ini. 

Sebelumnya, Ketua Grupo de Amistad, Lizárraga Figueroa Teresa de Jesús, mengawali peresmian dengan menyampaikan sambutan pembukaan. Ia berterima kasih kepada KBRI Mexico City atas dukungan dalam membentuk Kelompok Persahabatan ini. Lizárraga Figueroa Teresa de Jesús juga menyampaikan bahwa tujuan pembentukan Grupo de Amistad, selain untuk meningkatkan kerja sama antar parlemen Meksiko, juga merupakan komitmen di DPR setempat untuk mendukung pelaksanaan politik luar negeri Meksiko dalam meningkatkan hubungan bilateral dengan negara sahabat.  

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan akta pembentukan Grupo de Amistad oleh Ketua Grupo dan Duta Besar RI, serta pengisian “Buku Tamu Kehormatan” oleh Wakil Ketua DPR RI dan seluruh Anggota Delegasi DPR RI, dan Dubes RI. Acara diakhiri dengan jamuan cocktail yang menyajikan menu khas Indonesia dan Meksiko serta menampilkan tarian tradisional Indonesia.

Grupo de Amistad Meksiko-Indonesia di DPR Meksiko sudah ada sejak 2001, dan senantiasa berganti setiap tiga tahun (disesuaikan dengan masa kerja DPR Meksiko). Kelompok Persahabatan periode 2016-2019 terdiri dari 9 orang yang berasal dari parpol-parpol besar di Meksiko (PRI, PAN, Morena, PVEM) serta mewakili berbagai negara bagian di Meksiko. 

Pembentukan Grupo de Amistad ini akan ditindaklanjuti dengan perumusan program kerja untuk penguatan dialog politik antara Indonesia dan Meksiko melalui jalur kerja sama antar parlemen.



(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA